Petani Tambak Resah, Nelayan Masih Menggunakan Jaring Bonded di Sungai Cileles

Petani Tambak Resah, Nelayan Masih Menggunakan Jaring Bonded di Sungai Cileles

Selasa, 05 Desember

Tampak nelayan sedang menangkap ikan menggunakan jaring "Bonded" di sungai Cileles, sehingga bibit ikan kecil yang diharapkan masuk ke empang terjaring habis.


Tangerang, SUARA TOPAN - Masih adanya nelayan yang menggunakan jaring bonded yang sering beroperasi di sungai Cileles keberadaanya sangat meresahkan petani tambak sekitar, jaring yang berbentuk kantong dengan bahan waring rapat (seperti kelambut- red) dapat menangkap  berbagai ukuran, bahkan bibit ikan yang paling kecil pun akan tertangkap.

"Dangkalnya kali Cileles dari desa sampai muara saja sudah mempengaruhi  pendapatan para petambak apalagi ditambah nelayan nakal yang masuk kali Cileles dengan menggunakan jaring bonded, Engga ada ranjingan (bibit ikan) yang masuk ke empang," tutur Toani kepada  ST, Senin ( 4/12/2023).

Selain budidaya ikan bandeng lanjutnya, para petambak sangat mengandalkan ranjingan atau bibit ikan yang berasal dari sungai Cileles sebagai penghasilan tambahan.

Hal senada juga diungkapkan Soleh (pemburu kepiting), Ia mengungkapkan bahwa, saat sungainya masih bagus (dalam) dengan berburu kepiting dirinya masih bisa mencukupi kebutuhan keluarganya.

"Sekarang nyari buat jajan anak sekolah saja susah, karena kalinya cetek (dangkal)  gimana ada ranjingan ke empang," cetusnya.

Dirinya pun berharap, ada perhatian serius dari pihak terkait untuk masyarakat sekitar sungai Cileles.

"Semoga saja ada perhatian dari Pemda agar ekonomi warga di sekitar sungai cileles bertambah baik, apalagi sekarang musim penghujan rawan banjir," harap dan keluhnya.

Dari pantauan awak media, nampak nelayan sedang menangkap ikan menggunakan jaring bonded di sungai Cileles, sehingga bibit ikan kecil yang diharapkan masuk ke empang terjaring habis.

Diketahui, sungai yang berada di antara Desa Patra Manggala, Kecamatan Kemiri  dengan Desa Mauk Barat, Kecamatan Mauk tersebut merupakan akses vital bagi perekonomian warga sekitar. (Sol).  
 

TerPopuler