Wow,..! Titik Core Drill Ditandai Cat Pilox, di Pengaspalan Perum Villa Permata

Wow,..! Titik Core Drill Ditandai Cat Pilox, di Pengaspalan Perum Villa Permata

Kamis, 11 November

Titik Core drill yang ditandai Cat warna putih (pilox) di Proyek Pengaspalan Jaling Perumahan Villa Permata, Jejalen Jaya - Tambun Utara

Tambun, Bekasi, SUARA TOPAN - Proyek pengaspalan (hotmix) jalan lingkungan di Perumahan Villa Permata, Jejalen Jaya, Tambun Utara, mengundang pertanyaan. Pasalnya terdapat tanda cat (pilox) yang lurus dengan titik Core drill.

Proyek tersebut diselenggarakan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Bekasi. Yang dikerjakan kontraktor CV.  Berlian Utama Rama (BUR).

Beberapa pertanyaan yang sempat dilontarkan tim Media kepada Adi Saadih selaku Konsultan pendamping (supervisi), ia mengatakan, ketebalan gelaran sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) digelar tinggi/tebal 3 Cm.

"Saya sudah mengarahkan dan menginstruksikan pelaksana untuk gelarannya tolong sesuikan dengan RAB," Kata Adi Saadih kepada tim media melalui pesan WhatsApp, Rabu (10/11/2021).

Namun, dari hasil monitoring tim Media di lokasi, terdapat coretan cat berwarna putih (pilox) yang diduga telah dipersiapkan pelaksana/kontraktor untuk titik Core drill, agar ukuran ketebalan dapat sesuai dengan RAB.

Sehingga, Wow,..! yang lebih mengagetkan lagi, saat diukur ketebalan di titik Core drill dengan hasil 3 sampai 4 Cm. Yang kemudian dilakukan pengukuran kembali di beberapa titik lain yang tidak ada tanda cat, dengan hasil kurang dari RAB (3cm). Bahkan bila dirata-rata ketebalan gelaran aspal kurang dari 2 Centi Meter.

Diketahui, proyek yang dikerjakan kontraktor CV. Berlian Utama Rama di Perumahan Villa Permata, berjumlah  empat titik (lokasi), yakni :

1).Peningkatan Jalan Lingkungan Jl. Utama Perum Villa Permata Tambun RW 012 Desa. Jejalenjaya. Dengan Pagu Anggaran Rp.160.665.622,04

2).Peningkatan Jalan Lingkungan Jl. Manggis Perum Villa Permata Tambun RT 002 RW 012 Desa. Jejalenjaya. Dengan Pagu Anggaran Rp.160.599.412,99

3).Peningkatan Jalan Lingkungan Jl. Delima Perum Villa Permata Tambun RT 001 RW 012 Desa. Jejalenjaya. Dengan Pagu Anggaran Rp.160.004.384,54

4).Peningkatan Jalan Lingkungan Jl. Jeruk Perum Villa Permata Tambun RT 003 RW 012 Desa. Jejalenjaya. Dengan Pagu Anggaran Rp.160.665.622,04


"Terpisah, menurut Yanto, Ketua Kumunitas Peduli Bekasi (KPB) saat dimintai tanggapan oleh Media. Ia Menduga ada kerjasama (kongkalikong) antara Kontraktor, Konsultan, Pengawas dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada saat pengambilan sampel Core drill.

Dengan ditentukannya, di beberapa titik Core drill yang diberi tanda cat pilox warna putih oleh pihak kontraktor CV. Berlian utama Rama. Dirinya menilai, ada pembiaran Tanpa melakukan peneguran oleh Dinas dan Konsultan," ucap Yanto.

"Lebih lanjut  kata Yanto, seharusnya konsultan pengawas memiliki peran penting, ketika ada kejanggalan dalam proses mengambil sampel Core drill, yang ditandai dengan cara seperti itu, lakukan ketegasan jangan hanya diam saja," cetusnya.

Terkait Dugaan penyimpangan dalam hasil Core drill di proyek pengaspalan perumahan villa permata, dirinya meminta kepada Inspektorat dan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bekasi, agar menunjukkan taringnya dengan segera terjun ke lapangan untuk melakukan kroscek dan menindak tegas oknum-oknum yang bermain," tegas Yanto. (Tim/ST).
 

TerPopuler