Binluhkes Stunting Dan PTM Digelar TMMD Untuk Warga

Binluhkes Stunting Dan PTM Digelar TMMD Untuk Warga

Kamis, 25 Maret

Binluh kesehatan tentang Stunting dan Penyakit Tidak Menular (PTM) digelar pada sasaran Non fisik TMMD

Kabupaten Bekasi, SUARATOPAN - Bimbingan dan Penyuluhan kesehatan (Binluhkes) digelar dalam pelaksanaan TMMD ke- 110 Kodim 0509/Kab Bekasi. Binluh kesehatan merupakan termasuk sasaran Non Fisik pada giat TMMD.


Tidak hanya membangun Fasilitas fisik berupa bangunan Posyandu, namun dalam giat TMMD ini juga memberikan pengetahuan bagi masyarakat Desa Kertarahayu, dengan memberikan penyuluhan, salah satunya penyuluhan tentang Stunting dan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Menurut Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) yang ditunjuk langsung Dinkes Kabupaten Bekasi, turut sebagai pembicara pemberi materi giat penyuluhan.

Yang disampaikan Erna Kuntari itu, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dengan asupan giji untuk mengatasi stunting, menjaga kesehatan lingkungan dengan melaksanakan kebersihan salah satu bentuk menjaga kesehatan bersama.

"Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya," terangnya.

Sebab, saat ini masih sangat banyak yang tidak tahu kalau anak pendek adalah tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan tubuh si kecil. Terlebih lagi, jika kondisi ini dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun dan harus segera ditangani dengan segera dan tepat.

"Anak masuk ke dalam kategori stunting ketika panjang atau tinggi badannya menunjukkan angka di bawah Standar Deviasi (SD). Karena penilaian status gizi yang satu ini biasanya menggunakan grafik pertumbuhan anak (GPA) dari WHO," tambahnya.

Tubuh pendek pada anak yang berada di bawah standar normal merupakan akibat dari kondisi kurang gizi yang telah berlangsung dalam waktu lama. Hal tersebut yang kemudian membuat pertumbuhan tinggi badan anak terhambat sehingga mengakibatkan dirinya tergolong stunting.

Sedangkan Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang tidak bisa ditularkan dari satu individu ke individu lainnya (Kementerian Kesehatan RI, 2015). Menurut World Health Organization (2018), sebesar 71% penyebab kematian di dunia adalah PTM.

Pihaknya berharap, dengan adanya program TMMD membangun Posyandu di Desa Kertarahayu, dapat bermanfaat bagi warga dan dapat menjaga membantu masyarakat disaat membutuhkan pertolongan yang sifatnya emergency. (Red). 

TerPopuler