Pangdam Iskandar Muda Resmikan Kodim 0119/Bener Meriah


 

Pangdam Iskandar Muda Resmikan Kodim 0119/Bener Meriah

Rabu, 12 Agustus
Benar Meriah, Aceh, SUARATOPAN - Pangdam IM Mayjen TNI Hasanuddin S.I.P, M.M. secara langsung meresmikan Komando Distrik Militer (Kodim) 0119/Bener Meriah, satuan Tempur yang baru Yonif 117 dan Subden Pom 07 Bener Meriah di Desa Cucum, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Selasa (11/08/2020).

Dalam peresmian itu, turut hadir Plt Gubenur Aceh Ir.H.Nova Iriansyah, MT, Kapolda Aceh Irjend Pol Wahyu Widada, Danrem 011, Kolonel Inf Sumiranting Baskoro, Danrem 012 Kolonel Inf Djon Afriandi, Bupati Aceh Besar Ir.H.Mawardi Ali, Sekda Drs. Halili Yoga, para Perwira, Bintara dan Tamtama.

Pembentukan Kodim 0119 Bener Meriah tersebut sesuai penataan satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI-AD khususnya di Kodam IM Untuk wilayah Korem 011 dan Korem 012.

Di wilayah Korem 011/Lw yang di resmikan Kodim 0119 dan Subden Pom 07 untuk wilayah Korem 012 tenku umar yonif 117. Sementara, untuk Kodim 0119 Bener Meriah dipimpin oleh Letkol Inf Valyan Tatyunis sebagai Dandim pertama yang menjabat di wilayah Bener Meriah.

Dalam Sambutannya, Pangdam Mayjen TNI Hasanuddin S.I.P M.M. mengatakan, Kodim sebagai pelaksana tugas pembinaan teritorial yang berkedudukan langsung di bawah Komandan Korem, memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk pemberdayaan wilayah pertahanan di tingkat Kabupaten.

"Semakin berkembangnya kondisi sosial budaya masyarakat, pertambahan jumlah populasi penduduk serta pemekaran sejumlah Kabupaten di daerah yang semakin bertambah. Kodam menyetujui penambahan Kodim baru sesuai pertimbangan dan kajian untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembinaan teritorial guna menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat”, jelas Pangdam.

Berdasarkan tugas pokoknya Kodim memiliki peran penting sebagai penjuru terdepan Korem dalam melaksanakan tugas pembinaan teritorial untuk menciptakan stabilitas wilayahnya. Kodim 0119 beber meriah baru yang diresmikan hari ini, sebagian besar merupakan peningkatan status dari Pecahan Kodim 0106 Aceh Tengah sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pembinaan teritorial membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi.

“Dengan adanya Kodim baru diharapkan tugas pembinaan kewilayahan oleh koramil dapat dilaksanakan secara efektif, efisien karena akan diikuti penambahan personel baru untuk meningkatkan kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Keberadaan para Babinsa di tengah-tengah masyarakat diharapkan bisa menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah Bener Meriah dengan berbagai program teritorial baik melalui kegiatan bakti sosial, karya bakti maupun program pengentasan kemiskinan yang dicanangkan pemerintah”, bebernya.

"Kodim 0119/Bm, bisa memberi dampak positif dalam membentuk masyarakat produktif, memberikan kemudahan dalam hal koordinasi dan kerjasama dengan instansi terkait baik dari Polri dan Pemerintah setempat. Keterpaduan kerjasama Kodim dengan para tokoh agama, masyarakat, adat dan pemuda merupakan upaya nyata mensejahterakan masyarakat dan mendukung percepatan pembangunan di kabupaten Bener Meriah," tutupnya." (Toni).

TerPopuler