STQ Digelar, Camat Cibitung Optimis Pertahankan Juara Umum MTQ Tingkat Kab Bekasi 2023

STQ Digelar, Camat Cibitung Optimis Pertahankan Juara Umum MTQ Tingkat Kab Bekasi 2023

Rabu, 19 Juli

Camat Cibitung, Encun Sunarto saat menghadiri Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-5 di Halaman Kantor Kecamatan Cibitung, Selasa (18/07/2023).


Cibitung, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Dalam rangka menjaring generasi muda yang memiliki potensi dalam membaca Al-Qur'an, Pemerintah Kecamatan Cibitung menggelar Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) ke-5, yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Cibitung, pada Selasa (18/7/2023).

Para pemenang (STQ) tingkat Kecamatan Cibitung akan diikutsertakan dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2023 untuk mempertahankan kembali Juara Umum yang diraih pada MTQ sebelumnya.

Acara tersebut diawali dengan parade kafilah dari jajaran perangkat kelurahan dan desa se-Kecamatan Cibitung menuju area panggung utama.

Menurut Camat Cibitung, Encun Sunarto terselenggaranya STQ ke-5 ini sebagai momentum untuk membentuk generasi yang unggul, cerdas dan berakhlakul karimah sekaligus untuk menggali potensi anak-anak muda yang memiliki bakat dalam membaca maupun menghafal Al-Qur'an.

"Alhamdulillah acara berjalan dengan baik mulai dari pawai kafilah yang dimeriahkan seluruh jajaran kelurahan dan desa hingga pembukaan dan saat ini seleksi berjalan dengan lancar," ucapnya.

Empat kategori perlombaan

Encun menyebutkan, pada STQ tingkat Kecamatan Cibitung tahun 2023 ini ada empat kategori perlombaan yang terbagi 8 cabang baik putra maupun putri.

Kategori perlombaan dalam ajang Seleksi Tilawatil Qur'an diantaranya cabang Tilawah Remaja, kemudian cabang Syarhil Qur'an, Tahfizh 1 Juz dan Tahfizh 5 Juz, yang akan berlangsung di venue yang tersebar di empat titik dengan menggunakan sarana masjid dan mushola sesuai dengan kategori lomba.

"Para peserta (STQ) ini merupakan remaja dan anak-anak dari perwakilan kafilah kelurahan dan desa, dimana Kecamatan Cibitung sendiri terdiri dari 6 desa dan 1 kelurahan, untuk lokasi utama di halaman kantor kecamatan selain itu juga berada di masjid Al-Jihad, mushola Asy-Syifa dan Masjid Al-Makmur," ujar Encun.

Optimis mempertahankan Juara Umum

Ia menegaskan, peserta yang berhasil juara dalam Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat kecamatan ini akan mewakili wilayahnya pada (MTQ) tingkat Kabupaten Bekasi. Dirinya optimistis Kecamatan Cibitung dapat mempertahankan Juara Umum dalam ajang MTQ Tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2023.

"Pada tahun 2022 lalu alhamdulillah kafilah Kecamatan Cibitung berhasil meraih gelar juara umum pada (MTQ) Ke-54 tingkat Kabupaten Bekasi yang lokasinya bertempat di Bumi Perkemahan Karang Kitri, Kecamatan Bojongmangu, dengan semangat dan kolaborasi bersama mudah-mudahan gelar juara umum akan tetap kami pertahankan," ujarnya.

Pihaknya juga bekolaborasi dengan jajaran Kantor Urusan Agama (KUA), pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Cibitung serta penyuluh agama diwilayahnya dalam penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat kecamatan ini.

"Kami bersama jajaran unsur terkait mencari bakat anak-anak muda di pondok pesantren, sekolah madrasah, pengajian serta majelis ta'lim dan lainnya, alhamdulillah antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti ajang Seleksi Tilawatil Qur'an ini bahkan pada ajang tingkat kelurahan dan desa juga disambut baik," tandasnya. (Adv).  
 

TerPopuler