Lemah Pengawasan, Diduga Pengecoran Jalan Oleh PT. KKN Tidak Sesuai Item Spesifikasi

Lemah Pengawasan, Diduga Pengecoran Jalan Oleh PT. KKN Tidak Sesuai Item Spesifikasi

Minggu, 11 Juni

Pekerjaan Betonisasi di jalan Harapan Baru Timur RT 008/06, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat, yang dikerjakan kontraktor PT. Karya Kontruksi Nusantara (KKN).


Kota Bekasi, SUARA TOPAN - Pemerintah Kota Bekasi di setiap tahunnya selalu memprioritaskan pembangunan infrastruktur dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun, kadang proyek yang dikerjakan pengusaha jasa konstruksi (kontraktor) masih sering melanggar aturan spesifikasi teknis.

Salah satunya, pekerjaan Betonisasi di jalan Harapan Baru Timur RT008/06, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Bekasi Barat. Yang dikerjakan kontraktor PT. Karya Kontruksi Nusantara (KKN).

Saat awak media monitoring di lokasi pekerjaan, terlihat pada kegiatan tersebut menggunakan agregat lapisan pondasi bawah dengan memakai campuran puing, dan plastik sheet penahan obat beton pun tidak dipasang sepenuhnya.

Kemudian, sangat disayangkan juga pekerjaan tidak nampak pengawas Dinas dan Konsultan di waktu pelaksanaan.

Sementara Edi Tarigan, Kepala UPTD di Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, saat dimintai tanggapan mengenai puing bekas bongkaran yang digunakan untuk agregat oleh pihak kontraktor, dirinya tidak merespon.

Menanggapi persoalan proyek yang dikerjakan pihak kontraktor, Ketua Komunitas Peduli Bekasi (KPB) Yanto Purnomo mengatakan, cara permainan kontraktor di saat proyek pemerintah sudah mulai dilaksanakan, sampai detik ini dari tahun ke tahun belum ada perubahan, masih saja mencari keuntungan tambahan pada setiap proyek yang mereka kerjakan.

"Terkait pengecoran jalan menggunakan agregat puing yang digunakan pihak kontraktor sebagai agregat di saat pelaksanaan kegiatan pengecoran jalan dikuatirkan akan menyebabkan keretakan," kata Yanto Kepada Media, Minggu (11/6/2023).

"Tidak hanya itu saja, plastik sheet terpasang tidak full, padahal pengunaan plastik pengecoran jalan mempunyai fungsi sebagai lantai kerja cor beton untuk menahan resapan obat beton, agar menahan air semen tidak keluar merembes," tambahnya.

Hingga berita ini ditayangkan, Kepala UPTD Bekasi Barat, Edi Tarigan, tidak bisa memberikan penjelasan terkait kegiatan tersebut. (Tim).  
 

TerPopuler