Korem 051/Wijayakarta Gelar Gladi Posko I, Bantu Tangani Konflik Di Wilayah

Korem 051/Wijayakarta Gelar Gladi Posko I, Bantu Tangani Konflik Di Wilayah

Selasa, 05 November
Gladi Posko I yang dilakukan Korem 051/Wijayakarta di Makorem, Senin (4/11/2019).
Korem Timur, Bekasi, SUARATOAN.COM - Gladi Posko I Korem 051/Wijayakarta yang di ikuti 5 Kodim jajaran dalam hal membantu penanganan konflik dengan tema " Korem 051/Wkt Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Mengatasi Konflik Sosial di Wilayah Sesuai Kerawanan dan Perkembangan Situasi Yang Berkembang".

Gladi posko I dilakkukan di Aula Makorem 051/Wkt Jln. Niaga Raya Jababeka Cikarang Baru. Senin (4/11).

Kapok Sahli Kodam Jaya Kolonel Inf Agus Gunawan membacakan amanat Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menyampaikan, bahwa sesuai amanat undang-undang TNI No 4 Tahun 2004 fungsi dan keberadaan Kodam Jaya Jayakarta selaku satuan komando kewilayahan juga senantiasa dibutuhkan dalam pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP) salah satunya membantu tugas pemerintah di daerah baik untuk penanggulangan bencana alam maupun penanganan konflik sosial.

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kualitas hal perencanaan persiapan sekaligus pengendalian setiap operasi yang akan dilaksanakan agar dapat berjalan dengan maksimal serta tidak mengalami kendala," kata Kolonel Agus.

Menurutnya, latihan Posko mempunyai ragam tujuan baik secara kualitatif maupun kuantitatif diantaranya agar seluruh personel yang terlibat mampu memahami serta melaksanakan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku.

"Kompleksitas kemampuan bagi perorangan maupun antar satuan dan instansi terkait keterpaduan kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan sebuah keputusan teknik olah Yudha serta pengintegrasian kemampuan satuan yang dimiliki berikut prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko dan kodal operasi," ujarnya.

Dikatakan Kolonel Inf Agus, gladi ini juga merupakan upaya melatih dan menguji rencana operasi prosedur tetap serta komando komunikasi dan informasi secara optimal dalam rangka membantu tugas pemerintah daerah terkait penanganan konflik sosial di wilayah.

"Kepada para peserta agar mengikuti latihan dengan penuh rasa tanggung jawab dan bersungguh-sungguh sesuai skenario gladi yang telah dipersiapkan agar seluruh rangkaian dan materi latihan dapat berjalan dengan baik dan maksimal," imbau Kapok Sahli Pangdam Jaya.

Sementara Danrem 051/Wijayakarta Kolonel Inf Susilo mengatakan, program tahunan ini bertujuan untuk melatih prosedur pimpinan dan staf ketika mengatasi konflik sosial.

"Kegiatan saat ini di titik beratkan di wilayah Kabupaten/Kota Bekasi. Untuk latihan posko ini dalam rangka membantu Pemerintah Daerah mengatasi Konflik Sosial sesuai kerawanan dan perkembangan situasi yang berkembang," kata Danrem

"Bagaimana dalam menghadapi permasalahan harus dilaksanakan sesuai dengan aturan, kita membantu Kepolisian, Pemerintah dan instansi terkait," tambahnya.

Ia berpesan untuk masyarakat untuk selalu bersama-sama menciptakan keamanan, dan jika melakukan unjuk rasa harus sesuai dengan prosedur atau perundangan yang berlaku.

Hadir dalam kegiatan latihan Gladi Posko 1, Irdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Danrem 052/Wkr, Danrindam Jaya, Para Asisten Kasdam Jaya, Perwira Staf Ahli dan Staf Khusus, Perwira LO AL dan LO AU, dan Para Komandan Satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta. (ST).



TerPopuler