Kades Sukajaya Beli Ambulance, Wujudkan Kebutuhan Masyarakat

Kades Sukajaya Beli Ambulance, Wujudkan Kebutuhan Masyarakat

Selasa, 06 Agustus
Kepala Desa Sukajaya Amang menerima penyerahan kendaraan Ambulance di halaman kantor Desa. Selasa (6/8/2019)
Sukajaya, Cibitung, SUARATOPAN.COM - Sebagai wujud pelayanan kepada masyarakatnya, Kepala Desa (Kades) Sukajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, pada tahun 2019 ini, telah membelikan 1 (satu) unit kendaraan mobil Ambulance yang telah dimodifikasi (fungsi khusus Ambulance) sebagai sarana prasarana (layanan gratis) kebutuhan masyarakat yang selama ini diperlukan membawa jenajah dari Rumah Sakit (RS) ke rumah tinggal.

Mobil Ambulance bermerek Daihatsu Grand Max (modifikasi jok khusus jenajah) yang dibelanjakan dari penyerapan anggaran Desa seharga kurang lebih 200 jutaan ini, telah diterima pihak Desa (Kades) dan jajaran yang diserahkan langsung oleh pihak Dealer Daihatsu, di Depan halaman kantor Desa. Selasa 6 Agustus 2019, siang tadi.

Menurut Amang (Kades), selain mobil Ambulance tersebut sangat diperlukan warga Sukajaya untuk mengantar (anggota keluarganya meninggal) di Rumah Sakit (RS), juga sebagai wujud pelayanan dirinya kepada warga yang sedang mengalami kesusahan (berduka cita/berkabung).

"Selama ini kan, warga mengeluh kepada saya, untuk sewa mobil Ambulance dari RS terdekat saja 500 ribu, sementara warga sedang kesusahan (berduka). Sehingga kita berinisiatif membelikan mobil Ambulance untuk melayani warga yang membutuhkan," kata Amang (Kades Sukajaya) kepada suaratopan.com. Selasa (6/8).

Kemudian, kembali dijelaskan Amang, Ambulance ini khusus dimodifikasi untuk jenajah, sementara mobil untuk kebutuhan mengantar yang sakit sudah tersedia dari anggaran swadaya, sehingga dari masing-masing fungsi kebutuhan yang menjadi keperluan masyarakat telah tersedia.

"Allhamdulillah, untuk kebutuhan (sarana prasarana) masyarakat kita sudah sediakan, sehingga kalau masyarakat membutuhkan sudah siap, siang atau pun malam. Andai pun, sewaktu-waktu supir tidak ada (berhalangan) saya siap mengantarkan keperluan masyarakat secara gratis," jelasnya.

Masyarakat tinggal datang atau telepon kepada supir atau petugas, lanjut Amang, apabila membutuhkan, sehingga langsung mendapatkan pelayanan secara gratis. "Kita miris warga sedang kesusahan, dibebani sewa oleh RS, jadi kita lakukan inisitif seperti ini," tandasnya.

Sementara, menurut Drs.Yoeyoes Soejana Kepala Seksi (Kasi) Tata Pemerintahan Kecamatan Cibitung, membenarkan tetang kebutuhan mobil Ambulance tersebut sesuai kebutuhan dimasing-masing Desa berbeda.

"Pembelian mobil Ambulance di Cibitung hampir semua Desa, tapi kalau sudah ada tidak harus membeli lagi, artinya pembeliannya ini sesuai kebutuhan Desa setempat yang belum memilikinya," ungkap Yoeyoes.

Kemudian, kembali dijelaskan Yoeyoes, Desa-desa yang membeli mobil Ambulance tahun 2019 ini diantaranya, Desa Sukajaya, Wanajaya, Sarimukti dan Muktiwari. "Ya hampir semua Desa, yang sudah punya dari bantuan pihak lain hanya Desa Cibuntu," terangnya.

Pihaknya berharap, setelah pembelian kendaraan Ambulance tersebut, agar dirawat dan dipergunakan sesuai kebutuhan masyarakat luas, sehingga dapat memenuhi pelayanan sebagaimana mestinya. (YH/ST).


TerPopuler