Peduli Lingkungan, Lurah Wanasari Turun Bersihkan Saluran di Jalan Bosih Raya

Peduli Lingkungan, Lurah Wanasari Turun Bersihkan Saluran di Jalan Bosih Raya

Senin, 06 Mei

H. Ujang Sukrilah, Lurah Wanasari bersama para Kasi Kelurahan dan Jajaran saat melakukan pembersihan saluran (got) di RT 02, 06 RW 02, Jalan Bosih raya, Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Senin (6/5/2024).


Cibitung, SUARA TOPAN - Dalam upaya  mewujudkan lingkungan bersih dan sehat, Lurah Wanasari, Ujang Sukrilah turun langsung bersama para Kasi dan jajaran Kelurahan Wanasari dengan menyasar saluran (got) di sepanjang jalan Bosih Raya.

Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini, atas inisiatif dari Ujang Sukrilah selaku Lurah Wanasari yang belum lama dijabatnya beberapa bulan terakhir. Dirinya bersama Kasi Trantib, Kasi Ekonomi Pembangunan serta jajaran RT/RW bergerak membersihkan saluran air yang mampet dan terjadi genangan hingga limpas ke jalan utama Bosih raya.

Menurut Ujang, hal ini harus terus dilakukan, sebab saluran got yang ada ini dalam kondisi memprihatinkan (dangkal dan kecil), sehingga upaya yang saat ini pihaknya lakukan mengangkat lumpur dan sampah kecil agar laju air lancar dan tidak menggenang. 



"Saya paling gak bisa melihat lingkungan yang terlihat air menggenang (got-got mampet). Intinya saya enggak betah liat got-got mampet air tergenang yang dikawatirkan warga akan terkena penyakit dan jalanan licin akibat genangan air got yang sudah tidak bisa menampung volume air hujan karena got kecil ini. Sehingga untuk itu kami bersama jajaran turun langsung untuk membersihkannya," kata Ujang Sukrilah kepada SUARATOPAN di sela-sela kegiatan berlangsung, Senin (6/5/2024).

Lebih lanjut, Lurah, Ujang Sukrilah berharap kepada Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kabupaten Bekasi agar dapat merealisasikan pembangunan infastruktur saluran air (U-ditch) khusnya di Jalan Bosih raya tersebut.

"Sejak hari kemarin kita sudah bergerak susuri dan bersihkan saluran yang mampet hingga limpas ke jalan Bosih raya di RW 13. Sedikit demi sedikit kita angkat lumpurnya agar air lancar dan tidak menjadi dampak penyebaran penyakit maupun kecelakaan bagi warga," tuturnya.

"Dan hari ini, kita bersihkan lagi saluran di RT 02 dan 06, RW 02 tepatnya di Jalan Bosih raya yang tak jauh dari kantor Kelurahan Wanasari. Yang miris lagi saya malu dengan kondisi lingkungan yang prihatin di wilayah seperti saat sebelum dibersihkan," tutup Ujang. (Yat/Red).  

TerPopuler