Humas DPP LSM BAKORNAS bersama Kuasa Hukumnya Kembali Laporkan Klinik Syafa Medika


 

Humas DPP LSM BAKORNAS bersama Kuasa Hukumnya Kembali Laporkan Klinik Syafa Medika

Sabtu, 18 November


Empat Lawang, SUMSEL, SUARA TOPAN - HUMAS DPP LSM Badan Anti Korupsi Nasional (BAKORNAS) Meminta ke pihak penegak hukum untuk menutup sementara aktivitas di Klinik Syafa Medika karena diduga tidak memiliki Instalasi Pembuangan Air Limbah ( IPAL ), dan atau  tidak ada MOU yang jelas ke instansi terkait puskesmas, rumah sakit dan dinas terkait, (17/11/2023).

Atas dasar laporan masyarakat, klinik tersebut diduga belum memenuhi syarat untuk beroperasi apa lagi sudah menjalankan pasien rawat inap 24 jam, hal tersebut dengan tidak memiliki Ipal  sangat di sayangkan sekali tidak menaati norma aturan sebagaimana peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Humas DPP  LSM BAKORNAS juga menerima laporan keluhan masyarakat bahwa pengobatan di klinik SYAFA MEDIKA milik dr. Rahmat terkesan sangat mahal 1x 24 jam pembayaran yang sangat mahal sedangkan obat yang di pakai standar obat dan infus.

Saat awak media konfirmasi via WhatsApp ke Humas DPP LSM BAKORNAS  mempertanyakan laporan masyarakat tersebut, Feri menjawab, "Iya memang ada itu laporan masyarakat maka dari itu kami DPP LSM BAKORNAS dan masyarakat meminta ke APH Dan dinas terkait segera mengkaji ulang atas aktivitas klinik tersebut dan jika terdapat dugaan kecurangan atau perbuatan melawan hukum untuk segera direkomendasi dilakukan penutupan segala aktifitasnya  di klinik tersebut, dan jangan dulu di buka jika persyaratan belum lengkap dan dilegitimasi oleh pihak dan dinas terkait," ungkap Feri

Lanjutnya, sangat disayangkan klinik tersebut diduga dibekengi oleh oknum APH, sampai-sampai sebelum berita ini di tayangkan suasana sangat panas berbagai macam polemik, yang diduga otak atau dari belakang layar klinik Syafa Medika ada oknum APH yang membekinginya.

Kemudian, saat konfirmasi kepada dr. Rahmat selaku pimpinan klinik Syafa Medika beberapa waktu lalu datang ke kediaman Humas DPP LSM BAKORNAS dan minta tolong hal tersebut jangan  mencuat di media sosial dan juga beliau telah memberikan 6 lembar kartu berobat gratis di kliniknya. Hal tersebut sebagai barang bukti masih tersimpan rapi selain itu dr. rahmat mengakui bahwa klinik tersebut memang tidak mempunyai instalasi pembuangan air bersih (IPAL) yang ada hanya septic tank. Seolah beliau berani beroperasi karena sudah merasa MOU ke puskesmas dan dinas kesehatan ungkapnya dengan gugup.

Menanggapi hal tersebut, HERMAN HAMZAH ,SH.MH selaku kuasa hukum dari Feri Indra Leki mengatakan, bahwa berdasarkan laporan masyarakat kami tidak tinggal diam siapapun yang membekingi di balik klinik tersebut saya maupun NGO lainnya siap menindaklanjuti laporan ini sesuai aturan Permenkes yang berlaku, dan kami akan tuntut secara perdata tentang dugaan klinik Syafa Medika tidak memiliki IPAL," tegasnya.

"Dan jika terdapat pembicaraan oleh pihak- pihak terkait maka akan kami tarik sebagai turut Tergugat atas Perbuatan Melawan Hukum," jelasnya.

"Kami tidak melarang siapapun ingin berusaha mendirikan, membangun apapun jenis usaha maupun klinik yang berkaitan dengan pelayanan publik, namun tetap harus mematuhi semua syarat dan ketentuan yang telah dibuat untuk dipatuhi dan dijalankan atas semua izin, rekomendasi teknis dan lain-lainnya," tegasnya. (Yefri/Tim).  
 

TerPopuler