Disarpus Kab Bekasi Sosialisasikan Aplikasi Otomasi Perpustakaan 'Inlislite'

Disarpus Kab Bekasi Sosialisasikan Aplikasi Otomasi Perpustakaan 'Inlislite'

Selasa, 15 Maret

Kegiatan Sosialisasi dan Pengenalan Aplikasi Otomasi Perpustakaan "Inlislite" oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi Bidang Perpustakaan, bertempat di Sakura Park Hotel dan Residence Cikarang, Senin (14/3/2022).


Cikarang, Kab Bekasi, SUARA TOPAN – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi Bidang Perpustakaan menggelar sosialisasi dan pengenalan aplikasi otomasi Inlislite kepada pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Bekasi.

Kegiatan sosialisasi dan pengenalan aplikasi otomasi Inlislite tersebut, diikuti 9 pengelola perpustakaan tingkat SMA dan 21 pengelola perpustakaan tingkat SMP, yang dilaksanakan di Sakura Park Hotel dan Residence Cikarang, pada Senin (14/3/2022).


Dari jumlah peserta tersebut, diharapkan dapat mengoperasikan aplikasi Inlislite dan dapat diterapkan di masing-masing perpustakaan sekolah.

"Kita harapkan, dengan dilakukannya sosialisasi dan pengenalan aplikasi otomasi Inlislite ini, para peserta dapat mengimplementasikan dan menerapkannya di sekolah, agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan, serta meningkatkan minat baca bagi siswa maupun masyarakat," ujar H. Adeng Hudaya, Kepala Disarpus Kabupaten Bekasi.


Selain itu, pihaknya menerangkan, bahwa Inlislite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) untuk mengembangkan perpustakaan digital.

Adapun peserta yang mengikuti ini sangat antusias karena aplikasi ini sangat dinantikan sejak lama oleh seluruh pegawai Perpustakan Kabupaten Bekasi karena memudahkan dalam pengelolaan buku.

Kemudian lanjutnya, penerapan aplikasi Inlislite ini memudahkan pemustaka dan masyarakat dalam membaca atau meminjam buku di perpustakan.

“Semoga dengan adanya aplikasi Inlislite, perpustakaan di Kabupaten Bekasi, bisa dengan cepat terotomasi karena akan memudahkan tugas pemustaka dalam mengelola perpustakaan," jelasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut yang turut dihadiri nara sumber dan pemateri dari Perpustakaan Nasional RI, yakni, Abrar Nasbey dan Muhammad Ilyas Dalimar selaku Pranata Komputer Ahli Muda dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Adv/Red). 
 

TerPopuler