Dinsos Kabupaten Bekasi Berikan Fasilitas Untuk Penderita Gangguan Jiwa

Dinsos Kabupaten Bekasi Berikan Fasilitas Untuk Penderita Gangguan Jiwa

Rabu, 13 Maret
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi (H. Abdillah Majid)
Cikarang, Bekasi, SUARATOPAN.COM - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bekasi (H. Abdillah Majid) mengungkapkan kepada media bahwa, angka rata-rata sebagian penderita gangguan mental atau jiwa yang ada di wilayahnya berasal dari luar daerah.

Upaya yang di fasilitasi pihaknya, dalam hal ini bekerjasama dengan pihak kepolisian apabila menemukan penderita gangguan mental, dengan menyerahkan kepada Dinas sosial (Yayasan Al Fajar-red). Sehingga Kabupaten Bekasi terbebas dari penderita gangguan mental yang tersebar dijalanan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sosial telah memfasilitasi dengan memberikan pelayanan kurang lebih kepada 400 orang penderita gangguan mental/jiwa (orang gila- red).

“Saat ini, kurang lebih sudah ada 400 orang yang terkena gangguan mental dari berbagai wilayah, yang pada saat penemuan berada diwilayah Kabupaten Bekasi. Ini kan sudah cakupannya nasional jadi darimana saja tetapi ditemukan di sini bisa ditampung disini,” kata Abdillah Majid. Rabu, (13/3/2019).

Menurutnya, pada penderita gangguan mental ini, Kabupaten Bekasi telah menyediakan makan dan minum serta diberikan vitamin setiap sehari-harinya. Selain itu juga pihaknya bersinergi dengan Dinas Kesehatan setempat terkait peninjauan kesehatannya.

“Alhamdulilah kami sudah ada tempat penampungan penderita gangguan mental yakni di yayasan Al Fajar Tambun,” ungkapnya.

Dikatakan Abdilah, penderita gangguan mental juga diberikan penanganan rehabilitasi mental atau terapi untuk kesembuhan.

“Ada sendiri terapinya, tempatnya di daerah Bogor, jadi biasanya kami kirim ke Bogor sampai 25 orang untuk melakukan terapi, kan masih ada kemungkinan untuk sembuh,” jelasnya.

Dengan adanya upaya itu, pihaknya berharap ada kesembuhan, sehingga penderita dapat melakukan aktifitas seperti yang diharapkan. (Red)


by : Yayat Hidayat

TerPopuler