BPD Karang Setia, Geram dan Soroti Aktipitas Pembakaran Sampah Pabrik di Desa Karang Mukti

BPD Karang Setia, Geram dan Soroti Aktipitas Pembakaran Sampah Pabrik di Desa Karang Mukti

Sabtu, 05 Januari
Muhamad Panji Anggota BPD Karangsetia, saat melihat aktifitas pembakaran diatas lahan TKD yang berlokasi di Desa Karangmukti, Karangbahagia
Karang Bahagia, SUARATOPAN.COM - Pembakaran sampah yang menjadi permasalahan yang sampai saat ini masih dilakukan di Desa Karang Mukti belum terselesaikan, alias masih menjadi PR buat pemerintah. Pasalnya di Kabupaten Bekasi belum ada tenaga ahli yang khusus dalam pengelolaan sampah secara baik dan benar. Oleh sebab itu harus ada upaya prefentiv dari pihak terkait agar persoalan sampah bisa di minimalisir atau jangan sampai sampah dibuang dimana-mana, hingga menyentuh pemukiman penduduk yang sengaja di buang maupun dikelola oleh oknum kelompok orang yang secara sengaja tanpa memikirkan aspek kesehatan warga masyarakat setempat.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Karang Mukti, Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi ini. Aktivitas pembakaran sampah pabrik yang diduga dibuang salah satu pabrik yang berada di wilayah Kecàmatan Cikarang Barat, tentunya membuat geram dan sorotan bagi lembaga BPD Karang Setia. Yang mana objek tersebut berada ditanah kas desa Karang setia, yang berlokasi di Desa Karang Mukti.

Muhamad Panji salah satu anggota BPD Karang setia, yang turun langsung melihat lokasi pembakaran sampah. Pihaknya sangat menyayangkan terhadap aktivitas oknum kelompok yang kurang bertanggung jawab itu. Sebab menurutnya akan sangat mengganggu kesehatan warga sekitar dari asap yang ditimbulkan akibat pembakaran sampah pabrik tersebut.

"Sangat disayangkan aktivitas yang dilakukan oknum kelompok ini, yang hanya mementingkan kepentingan pribadi dan kelompok saja. Padahal dari dampak yang ditimbulkan dapat mengganggu kesehatan warga maupun merusak lingkungan sekitar," terangnya kepada media suaratopan.com

Terkait aktivitas itu lanjut Panji, Pihaknya berjanji akan membahas permasalahan tersebut di internal BPD dan akan melanjutkannya ke rapat terbuka atau diminggon Desa. Sebab menurutnya, sayang kalau lahan milik Tanah Kas Desa (TKD) yang cukup luas itu, tidak di fungsikan atau dikelola dengan benar. Sehingga aktivitas seperti ini sangat merugikan, selain merugikan warga masyarakat juga dampak lingkungannya luar biasa. Bahkan tanah serta pepohonan pun menjadi rusak.

"Kita akan bahas di internal BPD, lalu kita bawa kerapat minggon. Sebab daripada lahan seluas itu dipergunakan hanya dapat merusak lingkungan, lebih baik kita kelola sebagai tempat wisata. Contohnya seperti tempat semacam agro wisata, kami rasa cukup potensi mengingat di wilayah Karang Bahagia ini juga sudah banyak Perumahan. Jadi sehingga akan lebih bermanfaat," jelas Panji .

Menanggapi hal itu, LSM TOPAN RI ( Team Operasional Penyelamatan Asset Negara Republik Indonesia) Saminata Sasmita mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi terhadap BPD Karang setia. Yang telah turun langsung ke lokasi melihat aktivitas pembakaran sampah pabrik tersebut, yang mana berada di tanah TKD Karang setia dan berlokasi di desa Karang Mukti tersebut.

Menurutnya, Ini merupakan upaya pembenaran yang akan di lakukan lembaga BPD dalam artian, kenapa tidak di kelola secara benar dan lebih sehat buat lingkungan. Bahkan Ia pun sangat setuju atas gagasan yang di buat oleh lembaga BPD tersebut. Sehingga harapnya, ini menjadi bukti nyata berawal dari cetusan atau ide baik lembaga BPD Karang setia.

"Ini juga perlu diketahui, bahwa masyarakat hanya perlu bukti, bukan hanya janji, sebab kalau sekedar ngomong burung beo pun bisa," tegas Saminata S. (Red)



TerPopuler