Pj Bupati Bekasi Tinjau Program Padat Karya Tangani Resiko Banjir

Pj Bupati Bekasi Tinjau Program Padat Karya Tangani Resiko Banjir

Rabu, 29 November

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, didampingi Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten 1Bekasi, meninjau langsung kegiatan padat karya pembersihan saluran air irigasi dalam rangka penanganan kekeringan guna mengurangi resiko banjir di wilayah Kabupaten Bekasi.


Kabupaten Bekasi, SUARA TOPAN - Pj  Bupati Bekasi, Dani Ramdan, didampingi Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten 1Bekasi, meninjau langsung kegiatan padat karya pembersihan saluran air irigasi dalam rangka penanganan kekeringan guna mengurangi resiko banjir di wilayah Kabupaten Bekasi.

Dari total keseluruhan 40 titik yang berfokus pada pembersihan lingkungan, peninjauan dilakukan di dua lokasi, yakni Desa Sukamakmur Kecamatan Sukakarya dan Desa Sukabudi Kecamatan Sukawangi.

Dalam tinjauannya, puluhan masyarakat sekitar ikut terlibat dalam membantu normalisasi sungai. Pj. Bupati Bekasi mengatakan terdapat kebermanfaatan yang optimal untuk lingkungan, seperti saluran air teririgasi dengan baik, sampah yang menumpuk dapat terangkut, serta mengurangi resiko banjir dan bencana kekeringan.

“Hadirnya program padat karya ini memiliki kebermanfaatan untuk masyarakat juga, seperti saluran air bisa teririgasi dengan baik, mengurangi dampak banjir dan kekeringan, mengaliri sawah, dan sampah bisa terangkut,” ucapnya, pada Selasa (28/11/2023). 

Di samping itu, Dani meyakini kurangnya edukasi kepada masyarakat terkait kepedulian lingkungan yang tidak bisa diberikan dalam satu kali pemahaman. Namun, upaya tersebut akan terus didorong untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama persoalan sampah.

“Untuk pemahaman tidak membuang sampah di kali ini tidak cukup hanya sekali pemahaman, namun tentu upaya tersebut akan kami dorong kesadarannya. Ke depan juga akan ada penegakkan hukum,” katanya.

Melalui program padat karya yang menjadi salah satu prioritas nasional sesuai arahan Presiden RI ini, mampu melibatkan peran aktif masyarakat dalam upaya memberdayakan masyarakat dan memajukan daerahnya masing-masing.

Sesuai dengan tujuan utama dari program padat karya adalah menciptakan lapangan kerja, menekan angka pengangguran, dan mampu meningkatkan perekonomian kesejahteraan bagi masyarakat. (Adv).   

 

TerPopuler