Pemkab Bekasi Maksimalkan PAD 2023 dengan Jemput Bola

Pemkab Bekasi Maksimalkan PAD 2023 dengan Jemput Bola

Rabu, 29 November

Dedy Supriyadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi saat membuka kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Pendapatan Daerah tahun 2023.


Cikarang, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Dalam rangka optimalisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan retribusi pajak daerah tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) telah melaksanakan program Grebek langsung ke lapangan di beberapa wilayah dengan tujuan meningkatkan motivasi wajib pajak untuk membayar pajak daerah.

Saat membuka kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Pendapatan Daerah tahun 2023, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, mendorong agar setiap perangkat daerah pengelola pajak dan retribusi daerah untuk dapat mengintensifkan dan menggali sumber-sumber potensi daerah.

Ia juga meminta kepada perangkat daerah harus bekerja maksimal dan lebih inovatif untuk mencapai target, karena menurutnya peningkatan PAD merupakan salah satu modal keberhasilan dalam mencapai tujuan pembangunan daerah. 

"Semoga pencapaian atau target yang sudah direncanakan dan ditetapkan bisa terwujud. Jadi kegiatan maksud dari pembinaan dan bimbingan ini supaya mereka tahu apa yang harus dilakukan dalam peningkatan PAD di Kabupaten Bekasi," katanya saat diwawancarai di Hotel Grand Zuri Jababeka, Cikarang Selatan, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi, Ani Gustini menyampaikan saat ini pihaknya terus berupaya maksimalkan pencapaian target PAD sebesar Rp 2,4 triliun dari 11 jenis pajak. Menurutnya, dari 11 jenis pajak tersebut PAD yang cukup potensial sebagai sumber pembiayaan daerah adalah Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). 

Ia juga mendorong perangkat daerah yang capaian pendapatan daerah masih dibawah 50 persen untuk memaksimalkan potensi pendapatan. 

"Alhamdulillah saat sini sudah mencapai 85,75 persen, dan saya berharap diakhir tahun bisa mencapai 90 persen, karena diawal perubahan ada penambahan target dari Provinsi," katanya. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Bapenda Provinsi Jawa Barat, Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi, serta perangkat daerah yang mengelola pendapatan asli daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi. (Adv).  
 

TerPopuler