Karang Taruna Kelurahan Pagar Tengah Bersama OKP Eksekusi Gunung Sampah Jalan Poros Pendopo


 

Karang Taruna Kelurahan Pagar Tengah Bersama OKP Eksekusi Gunung Sampah Jalan Poros Pendopo

Sabtu, 09 September



Empat Lawang, SUMSEL, SUARA TOPAN - Karang Taruna Kelurahan Pagar Tengah Kecamatan Pendopo membersihkan sampah yang menggunung di jalan Poros menuju Tebing Tinggi, pada Sabtu (9/9/2023).


Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Pendopo, Sapardina Joli, Lurah Kelurahan Pagar Tengah, serta instansi kepolisian Polsek Pendopo, Koramil Pendopo, Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihahan serta Damkar Unit Pendopo.

Kegiatan itu juga dibersamai oleh Kelompok Pecinta Alam Empat Lawang Bersaudara (KPA Elang Bersaudara) dan PT. KUBN Serta Elemen Masyarakat Kelurahan Pagar Tengah. Kegiatan ini mempunyai nama KOBES (Koalisi Bersih Sampah).

Kegiatan berlandaskan Pasal 3 Undang-undang  Nomor 32 tahun 2009 tentang upaya perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup dan Peraturan Bupati Empat Lawang Nomor 15 Tahun 2022. Hal ini diprakarsai oleh menggunungnya sampah akibat kurang kesadararan masyarakat sehingga terjadinya gunung sampah dipinggir jalan lintas Pendopo-Tebing Tinggi.

Kegiatan dimulai pada hari Sabtu dan Minggu  tanggal 9-10 September 2023, Pada hari ini telah dilaksanakan untuk hari pertama yang dimulai pada pagi hari menuju sore hari. Sehingga dapat kita ketahui jumlah Rid sampah yang direlokasi ke TPA Pendopo berjumlah 35 Rid dump truck yang bisa diakumulasikan sekitar kurang lebih 300 ton sampah rumah tangga.

Adi Bocoey, Selaku Ketua Karang Taruna Permata Kelurahan Pagar Tengah mengaku sangat senang dan termotivasi atas terselenggaranya acara ini dan berterima kasih kepada seluruh Elemen Pemerintah, Organisasi kepemudaan serta PT. KUBN yang berkontribusi penuh atas terselenggaranya acara ini dan menghimbau kepada masyararakat untuk tidak membuang sampah lagi dijalan poros. Imbuhnya.

Hendra Wijaya Selaku Koordinator Wilayah Kecamatan mengatakan bahwa kegiatan ini dilandasi oleh kesadaran pemuda-pemudi kelurahan Pagar Tengah dengan lingkungan hidup, tentunya saya sangat mengapresiasi atas berjalannya kegiatan ini. Saya mengetahui ini berawal dari keresahan masyarakat dengan adanya oknum yang membuang sampah disekitar cogong tujuh ini. Harapan saya adalah mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat untuk hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan hidup dan alam sekitar.

Tujuannya adalah untuk mengkampanyekan budaya tidak membuang sampah sembarangan dan budaya 3 R (Recycle, Reduce,Reuse) dalam artian mendaur ulang atau memanfaatkan barang tidak terpakai.

Harapannya setelah kegiatan ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat Kab. Empat Lawang dan Kec. Pendopo Khususnya untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menerapkan pola hidup sehat. Jika terciptanya penduduk yang sehat maka terciptalah kenyamanan dan keasrian lingkungan hidup. (Yefri).  

TerPopuler