Ketua BPD Nanang Helmanto Gelar Rapat Terbuka Pembentukan Kelas Jauh SMP Desa Lalang Kabung


 

Ketua BPD Nanang Helmanto Gelar Rapat Terbuka Pembentukan Kelas Jauh SMP Desa Lalang Kabung

Sabtu, 31 Juli

Rapat Pembentukan Kelas Jauh SMP Desa Lalang Kabung yang digelar di Aula Desa Lalang Kabung


Pelalawan, SUARATOPAN - Ketua BPD Badan Permusyawaratan Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan Nanang Helmanto, gelar rapat terbuka rencana pembangunan Sekolah Menengah Pertama SMP Kelas Jauh yang ber induk ke SMPN 1 Pelalawan dan sekaligus pemilihan dan pembentukan pengurus. Rapat digelar di Aula Desa Lalang Kabung, pada Jum'at (30/7/2021).

Hadir pada kesempatan itu kepala Desa Lalang Kabung yang diwakili oleh Sekdes (Heri Sugianto. SE), Ketua Pemuda (Safarudin SAg), Tokoh Masyarakat (Amirudin) LKMD (Nur Aisyah), RT, RW dan Kepala Dusun.

Ketua BPD Nanang Helmanto menyampaikan, tujuan rapat di siang hari itu, terkait dengan jumlah penduduk Desa Lalang Kabung yang semakin padat dan banyaknya ke khawatiran serta keluhan masyarakat tentang putra-putrinya untuk masuk ke sekolah SMP.

"Berhubung saat ini pendaftaran sekolah di SMP Simpang Perak Jaya sudah tidak menerima lagi dikarenakan kuota sudah penuh, lagi pula SMP di Simpang Perak Jaya sudah masuk ke Kabupaten Siak, tentunya tidak memungkinkan lagi, karena terbenturnya peraturan zonasi, dan terpaksa masyarakat kita banyak yang memilih bersekolah di Pangkalan Kerinci, itupun sudah sangat jauh dengan jarak lebih kurang 40 Km (pulang pergi setiap harinya)," kata Nanang.

Sehingga, lebih lanjut setelah beberapa kali dilakukan rapat terbuka, pihaknya baru melakukan peninjauan lokasi. Kemudian karena ada dua kemungkinan besar rencana lokasi yang mau dibangun nantinya.

"Intinya kita tetap memilih yang lokasi terdekat dan yang luasnya cukup serta strategis buat pendidikan, jadi nanti tergantung keputusan rapat kita. Jadi masih ada beberapa tahap yang harus kita kerjakan bersama-sama," tutupnya.

Dalam acara rapat tersebut, Ketua Pemuda Safarudin SAg. turut memaparkan agenda rapat yakni :

1. Rapat rencana pembentukan kelas jauh SMP Lalang Kabung yang berindukkan ke SMPN 1 Pelalawan.

2. Pembahasan lahan sarana sekolah dan fasilitas umum, dan sekaligus memilih serta menetapkan pengurus, sehingga nantinya dapat segera di SK kan.

Dirinya berharap kepada seluruh pengurus terpilih nantinya, bisa bekerjasama dan melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing dalam pengurus.

"Selanjutnya sesuai dengan hasil rapat kita pada sore hari ini, nantinya segera kami ajukan ke tingkat Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pendidikan dan Camat Pelalawan," jelasnya.

Pada kesempatan itu Sekdes juga menyampaikan, salam dari kepala Desa berhubung tidak bisa hadir dikarenakan bersamaan rapat penting yang tidak bisa ditinggalkan. 

"Terimakasih kepada ketua BPD atas undanganya terkait dengan rapat rencana pembentukan SMP kelas jauh dan pembebasan lahan sarana sekolah serta fasilitas umum di Desa Lalang Kabung," tuturnya.

"Kami dari pemerintah Desa Lalang Kabung sangat mendukung penuh dan berterimakasih atas rencana kedepan, karena ini salah satu peluang dan terobosan yang dibuat oleh BPD, dan ini semua untuk Pendidikan di Desa kita," tandasnya. (Yose).  

 

TerPopuler