Muspika Cibitung Berikan Layanan Swab Test Antigen Pemudik Gratis

Muspika Cibitung Berikan Layanan Swab Test Antigen Pemudik Gratis

Senin, 17 Mei

Posko layanan Test Swab Antigen Gratis bagi warga (pemudik), Muspika Cibitung dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah dengan 3M dan 3T


Cibitung, Bekasi, SUARATOPAN
- Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di wilayah, terhadap para pemudik yang telah kembali. Muspika Cibitung berikan layanan Test Swab Antigen bagi para pemudik secara gratis, dan berlangsung di Perum Mega Regency 2 RW 18, Wanasari - Cibitung, Minggu (16/5/2021).

Sebanyak 19 pemudik pun telah dilakukan test Swab Antigen, sebelum itu, tim gugus tugas tingkat Kelurahan Wanasari melalui tim RT dan RW melakukan 3T tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) dengan menempelkan stiker himbauan di rumah pemudik, sehingga langsung dilakukan test Swab Antigen yang telah disediakan.

"Kita (Muspika Cibitung- red) telah test Swab Antigen sebanyak 19 warga (pemudik) yang telah kembali. Dan semua hasilnya negatif (tidak reaktif)," kata Encun Sunarto selaku Camat Cibitung kepada SUARATOPAN.COM.

Lebih lanjut, Camat juga menghimbau, bagi warga yang telah kembali dari mudik dan tidak membawa hasil test, agar segera menghubungi tim gugus tugas tingkat RT/RW atau langsung mendatangi posko layanan test swab gratis yang telah disediakan, baik melalui Puskesmas maupun layanan Mobil test Polsek Cikarang Barat. 

Test Swab Antigen gratis yang dilakukan melalui Mobil Swab (Swabber Mobil) dan Posko Layanan

"Kita harapakan, upaya kita ini dapat berhasil maksimal, guna memutus dan mencegah semakin meluasnya wabah Covid-19 di wilayah, walaupun saat ini kasus penyebarannya sudah mulai melandai dan bahkan turun," harapnya.

Sementara, Kapolsek Cikarang Barat, AKP Tribuana Roseno, menuturkan, test Swab Antigen gratis untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19, biasa terjadi setelah libur panjang atau menyasar warga usai melakukan mudik.

"Bagi warga yang tidak dapat menunjukkan hasil test bebas Covid-19  dari daerah asalnya, wajib melakukan test di posko yang telah disediakan atau datang ke puskes terdekat di layanan gratis ini," tegas Seno, panggilan akrab Kapolsek Cikarang Barat. 

Kemudian, selain itu, pihaknyapun telah menyediakan Mobil Test Swab dari Polsek jajaran Polres Metro Bekasi yang dapat melayani. Sehingga dalam upaya ini, diharapkan warga sadar dan mendukung untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Untuk diketahui, bahwa dalam layanan gratis pemeriksaan Swab Antigen ini, apabila terdapat warga positif (reaktif), maka akan dilanjutkan dengan test PCR dan isolasi menunggu hasil tes PCR. Dan apabila hasilnya masih tetap positif, akan langsung dilakukan isolasi untuk penyembuhan lebih lanjut. (Yh/red). 

TerPopuler