Tim Pusling Disarpus Kabupaten Bekasi Layani Sekolah Sampai Peloksok

Tim Pusling Disarpus Kabupaten Bekasi Layani Sekolah Sampai Peloksok

Kamis, 04 Juli
Tim Pusling saat memberikan pelayanan di SDN Harapan Jaya 01 Muaragembong
Cikarang, Bekasi, SUARATOPAN.COM - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bekasi telah membentuk Tim layanan Perpustakaan keliling (Pusling- red) untuk menunjang dan menjangkau sekolah-sekolah yang berada di peloksok, sehingga para siswa/siswi di sekolah peloksok dapat menikmati layanan perpustakaan keliling yang tersaji pada mobil perpustakaan milik Dinas tersebut.

Misalnya, yang terus dilakukan tim Pusling beberapa waktu lalu dibeberapa sekolah peloksok yakni, di Kecamatan Muaragembong (SDN Harapan Jaya 01) dan Sukatani (SMAN 1 Sukatani). Tim Perpustakaan keliling dengan ikhlas dan semangat dalam melayani demi mengembangkan dan membangun Kabupaten Bekasi yang literat.

Demikian disampaikan, Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Hj. Nurhamidah, MPd. melalui Kepala Seksi (Kasi) Layanan dan Sirkulasi Bidang Perpustakaan Jamaludin kepada media, Kamis (4/7/2019). Pihaknya, meluncurkan dua Armada Perpustakaan keliling dalam memenuhi kebutuhan baca masyarakat desa dan siswa-siswi sekolah.
Tampak siswa-siswi antusias untuk mengambil buku perpustakaan
"Selain membuat perpustakaan di sekolah dan desa. Kita juga adakan perpustakaan keliling untuk melayani masyarakat dan siswa-siswi di pelosok, sehingga kami berupaya meningkatkan minat baca bagi masyarakat dengan berbagai upaya," tuturnya.

Pihaknya menjelaskan, dengan luas wilayah Kabupaten Bekasi mencapai 127. 388 Ha yang terbagi dalam 23 kecamatan, meliputi 5 kelurahan dan 182 desa memiliki jumlah penduduk sebesar 3.246.013 jiwa diperlukan inovasi untuk meningkatkan minat baca bagi semua masyarakat Kabupaten Bekasi.
Tampak siswa-siswi menikmati pustaka baca
Di Kabupaten Bekasi terdapat 156 sekolah PAUD dengan murid sebesar 4.837 orang, kemudian 680 sekolah TK terdapat 28.074 Siswa/i, Untuk SD ada 891 sekolah dengan jumlah murid sebanyak 303.295 orang siswa/i dan ada 287 sekolah SLTP dengan jumlah murid 111.916 jiwa.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya tentu memerlukan bahan bacaaan yang memadai baik secara kuantitas maupun kualitas yang dapat menunjang, tidak hanya untuk kegiatan akademik tetapi juga menumbuhkan minat baca.

"Kami luncurkan Perpustakaan Keliling untuk membantu wilayah yang belum ada perpustakaan sekolah dan desanya," ujarnya.

Dalam memenuhi kebutuhan baca masyarakat dan siswa-siswi sekolah di Kabupaten Bekasi, tidak semua desa dan sekolah memiliki gedung perpustakaan sendiri beserta bahan pustakanya. Selain itu keberadaan Perpustakaan Umum Daerah yang berada di Kecamatan Cikarang Utara dan Perpustakaan Khusus yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cikarang Pusat hanya mampu melayani masyarakat yang berada di sekitar Kecamatan Cikarang Utara dan Kecamatan Cikarang Pusat.

"Sulitnya akses transportasi masyarakat dari pelosok seperti Kecamatan Bojongmangu, Muara Gembong dan Tarumajaya, terbatasnya biaya dan waktu masyarakat ikut berpengaruh terhadap kurangnya minat masyarakat untuk berkunjung ke Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bekasi," bebernya.

Untuk mengatasi kendala-kendala itu, ucapnya, perlu upaya meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Bekasi secara merata dan menjangkau hingga daerah peloksok, maka perpustakaan keliling hadir sebagai ujung tombak, yang dapat diandalkan, sekaligus mempromosikan perpus umum daerah.

"Layanan pusling yang diadakan Dinas kami, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan baca masyarakat, yang berada di pelosok dan yang belum terlayani Perpustakaan umum Daerah Kabupaten Bekasi," terangnya.

Lanjutnya, Walaupun banyak kendala kurangnya armada karena luasnya wilayah Kabupaten Bekasi, pihaknya akan terus berupaya agar tujuan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bekasi, yakni menumbuh kembangkan budaya baca dikalangan masyarakat, meningkatkan indeks gemar membaca, serta mewujudkan masyarakat Kabupaten Bekasi yang cerdas dan sadar akan perkembangan teknologi tercapai. (ST/Adv).

TerPopuler