Tiga Pilar Apel Tanggap Bencana, Hadapi Musim Hujan


 

Tiga Pilar Apel Tanggap Bencana, Hadapi Musim Hujan

Senin, 19 November
Cikarang, Bekasi, SUARATOPAN.COM - Apel tanggap bencana dalam kesiapan menghadapi musim penghujan tahun 2018-2019 di gelar Tiga Pilar, Polres Metro Bekasi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi dan TNI, dengan jumlah peserta sebanyak 530 orang di lapangan upacara Polres Metro Bekasi, Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jabar.

“Apel ini merupakan upaya pengurangan risiko bencana diwilayah, khususnya meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir, serta melaksanakan gerakan pengurangan resiko bencana berupa pembersihan sampah pada drainase,” kata Plt.Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, (19/11).

Selain itu, Eka mengharapkan adanya pemasangan rambu kebencanaan, pembuatan peta dan jalur evakuasi, pembuatan sumur dan biopori (pemasangan alat peringatan dini) serta meminimalisir faktor risiko yang dapat menimbulkan kebencanaan.

Menurut Eka, perlunya langkah konkrit dari berbagai pihak yang meliputi unsur Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, agar senantiasa tanggap dan siaga dalam menghadapi bencana, sejalan dengan amanat Undang – undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

“Teruslah berjuang, membangun kerjasamanya, koordinasi dengan semua pihak demi tugas kemanusiaan yang sangat mulia, salam tangguh dan salam kemanusiaan,” ucap Eka.

Dikatakan Eka, adapun tujuan digelarnya apel pasukan ini adalah membangun sikap kegotong-royongan dan kerjasma dari semua unsur, meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua unsur terkait dalam penanggulangan bencana, melakukan penanggulangan bencana secara cepat, efektif dan efisien, serta menunjukan kesiapsiagaan semua pihak yang terkait dalam penanggulangan bencana.

“Apel ini memerlukan langkah-langkah konkrit dari berbagai pihak, terutama pada  paradigma baru dalam penanggulangan bencana yang semula bersifat responsive, sekarang menjadi bersifat prefentif (pencegahan), semula bersifat sectoral, menjadi multi sectoral (melibatkan semua komponen), semula inisiatif pemerintah, menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta semula bersifat sentralistik, menjadi bersifat desentralisasi,” pungkasnya.

Dalam apel ini, hadir juga instansi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol. Candra Sukma Kumara,  S.I.K., M.H, Wakapolres Metro Bekasi AKBP Luthfie Sulistiawan, S.I.K., M.H., M.Si ; Kasdim 0509 Mayor Czi Bagus Marsudi, PJU Pemerintah Kab. Bekasi, PJU Polrestro Bekasi, Para Kapolsek jajaran Polrestro Bekasi, Para Danramil jajaran Kodim 0509, Para Camat se wilayah Kab. Bekasi, Satbrimobda Detasemen D PMJ, Pramuka Saka Bhayangkara. (*)





TerPopuler