Deklarasi Damai Pemilu 2019, Digaungkan di Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat

Deklarasi Damai Pemilu 2019, Digaungkan di Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat

Jumat, 12 Oktober


Cibitung, Kab. Bekasi SUARATOPAN.COM – Kurang lebih sekitar enam atau tujuh bulan kedepan, Pemilihan Umum (Pemilu) serentak akan digelar. Yakni, Pemilu Legislatif yang akan memilih anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD Prov, maupun DPRD (Legislatif- red) Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Kemudian, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang saat ini sudah diketahui ada 2 pasang untuk memperebutkan kursi RI 1 dan RI 2 akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 nanti.

Sebagai bentuk, bagian dan pilihan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, esensi Pileg dan Pilpres serentak 2019, adalah salah satu sarana untuk kian memperkuat rekatan semangat kebhinekaan seluruh anak bangsa, tidak terkecuali di Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Dengan demikian, Deklarasi Damai Pemilu 2019 dengan tema "Mari Kita Sukseskan Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk" di gaungkan yang diikuti ratusan orang dari berbagai unsur Muspika Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat, KPU, PPK, PPS, Bawaslu, Panwascam, perwakilan parpol dan elemen masyarakat, yang berbaur menyatukan persepsi dan mendeklarasikan, untuk mendukung, menyukseskan pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk ini, di Aula Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jumat, (12/10/2018).


Tampak hadir dalam deklarasi itu, berbagai Unsur dan komponen masyarakat, seperti Unsur Muspika (Camat Cibitung, Cikarang Barat, Kapolsek, Danramil 05) serta Ketua Panwascam Cibitung (Mardi) PPK Kecamatan Cikarang Barat (H. Aa Surawan), para Caleg, pengurus parpol, Tokoh Masyarakat dan Tokok Agama, yang antusias hadir dalam kegiatan itu.

Dalam sambutannya Kapolsek Cibitung dan Cikarang Barat Kompol Hendrick Situmorang mengatakan, bahwa Dengan situasi kondisi saat ini, pihaknya berharap pelaksanan pemilu 2019 ini, dapat terlaksana dengan baik tanpa ada halangan apapun. Dan senantiasa selalu akan menjaga keamanan, kedamaian saat ini dan nanti waktu pelaksanaan, pihaknya pun akan terus memantau kondusifitas pelaksanaan, sehingga tercipta suasana pemilu yang damai dan kondusif.

“Mari kita sukseskan, dukung dan kawal, sehingga seluruh tahapan Pileg dan Pilpres hingga selesai pemilu ini berjajalan lancar dan terlaksanaan dengan baik dan sukses, khususnya di Kecamatan Cibitung dan Cikarang Barat bisa berlangsung demokrasi, aman, dan damai,” ajaknya

Dia pun mengajak seluruh komponen masyarakat di Kecamatan Cikarang Barat dan Cibitung, untuk mendukung, menyukseskan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, agar terlaksana tanpa hoax, persekusi, politisasi SARA, politik uang, serta tanpa saling hujat, dan saling menabur ujaran kebencian.

Tidak hanya itu, Ketua PPK Cikarang Barat H. Aa Surawan mengatakan, Dengan deklarasi damai ini, sebagai momentum awal untuk menyukseskan pemilu 2019 nanti, sehingga masyarakat khususnya di dapil ll dapat belajar menjunjung tinggi jiwa berdemokrasi, dengan melaksanakannya secara damai, aman, dan sejuk serta kondusif.

"Alhamdulillah, kami ucapkan terimakasih, atas kerjasamanya Muspika, (Polsek, Koramil, Kecamatan) serta rekan PPK, PPS, PPL, maupun para Caleg, ikut menyukseskan kegiatan ini. Besar harapan kami, sesuai amanat UU maupun Per KPU, kami harap agar seluruh peserta dapat menjalankan pemilu secara damai, aman dan kondusif, sesuai apa yang kita harapkan," ujarnya

Hal senada juga di katakan Ketua Panwascam Cibitung Mardi, Pihaknya akan senantiasa mengawal, menjalankan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, agar tidak terjadi gejolak yang kemungkinan bisa merusak nilai-nilai demokrasi, sehingga masyarakat dapat melaksanakan pesta demokrasi ini dengan tenang, damai dan kondusif, tidak terprovokasi dengan apa yang tidak kita harapkan kedepannya.

"Ayo, mari kita bersama-sama, bahu membahu, ciptakan pemilu damai, aman, sejuk, dan kondusif. (Yat/Han)



TerPopuler