Bakesbangpol Resmi Buka Kegiatan Pendidikan Bela Negara Bagi Tomas Dan Ormas Se- Kabupaten Bekasi

Bakesbangpol Resmi Buka Kegiatan Pendidikan Bela Negara Bagi Tomas Dan Ormas Se- Kabupaten Bekasi

Senin, 08 Oktober

Cikarang, Kabupaten Bekasi, SUARATOPAN.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bekasi melakukan kegiatan Pendidikan Bela Negara bagi Tokoh Masyarakat dan Anggota Organisasi Masyarakat (Ormas/LSM- red) yang keberadaanya terdaftar diwilayah Kabupaten Bekasi, sebagai ajang silaturahmi atara satu dengan yang lainnya, sehingga tercipta kebersamaan atau persatuan dan kesatuan diantara ormas di Kabupaten Bekasi. Kegiatan itu, hari ini telah resmi di buka Kepala Bakesbangpol H. Ahmad Kosasih, di Hotel Grand Cikarang, Jl. Jababeka Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawabarat. Senin, (8/10).

Dalam pembukaan itu, H. Ahmad Kosasih menyampaikan secara singkat mengenai pentingnya masyarakat ikut dalam hal bela Negara, dalam artian peran serta dari organisasi kemasyarakatan (Orkemas- red) dalam bela Negara, adapun beberapa bentuk contoh bela Negara ini lanjutnya, dapat terciptanya kehidupan bermasyarakat yang tertib, aman dan damai. Bela negara juga bertujuan untuk menjaga dan memelihara kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pendidikan Bela Negara merupakan hak sekaligus kewajiban bagi setiap warga Negara, tak terkecuali bagi warga negara Indonesia. Dan Bela negara merupakan hal yang sangat penting dalam mempertahankan NKRI saat ini," jelasnya


Apresiasi peran serta Tomas dan ormas dalam bela Negara itu pun diakui, dikatakannya, dari sekian banyak ormas di wilayah Kabupaten Bekasi dapat menciptakan Kabupaten Bekasi menjadi tertib, aman dan damai. Ia pun berharap agar ormas di Kabupaten Bekasi dapat mewujudkan bela negara dalam bentuk memperbaiki atau bekerjasama dengan pemerintah untuk membenahi apa yang memang kurang, dan apa yang menjadi peran ormas, sehingga ormas di Kabupaten Bekasi dapat memberikan manfaat untuk Kabupaten Bekasi khususnya dan NKRI. 

"Kita ormas Kabupaten Bekasi, harus mampu mengembangkan atau mewujudkan bentuk bela Negara di Kabupaten Bekasi. Seperti, di bidang Kesehatan, Pendidikan, Narkoba, Lingkungan, dan masalah kenakalan remaja. Itu semua dapat kita wujudkan dalam bentuk bela negara, tapi juga tidak terlepas dengan selalu menjaga ketertiban, keamanan dan kedamaian sehingga dapat terciptanya kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi," ujarnya

Namun, sebelum dibukanya kegiatan tersebut, selaku Ketua Panitia Drs H. Wawan Dirwanto, Kabid Hubungan Lembaga dan pengawasan orang asing Kesbangpol menyampaikan laporan atas penyelenggaraan kegiatan Pendidikan Bela Negara ini. Pihaknya menerangkan, dengan dasar Surat Keputusan Bupati No : 915.4/KEP.721- ADM.PEMB/2017, Tanggal 29 Desember 2017, sehingga kegiatan tersebut bisa direalisasikan. 

Turut hadir, Nara sumber Kapen Inf Budi Wiyono (Pasi Ter Kodim 0509/Kab. Bekasi), Tokoh Masyarakat (Tomas), dan Organisasi Kemasyarakatan (Orkemas/Ormas) se- Kabupaten Bekasi. (*) 

by : Yayat

TerPopuler