Karbak Dan Baksos OASE, Ibu Panglima TNI Berikan Bantuan Pasca Banjir Di Wanasari Cibitung


 

Karbak Dan Baksos OASE, Ibu Panglima TNI Berikan Bantuan Pasca Banjir Di Wanasari Cibitung

Rabu, 08 Januari
Penyerahan Bantuan secara simbolis oleh Ketua umum Dharma Pertiwi Pusat Ibu Nanny Hadi Tjahjanto (Ibu Panglima TNI) kepada Camat Cibitung Drs. Joko Dwijatmoko, MSi, untuk korban banjir Perum Trias Estate, Kel. Wanasari, Cibitung. Rabu (8/1/2020).
Cibitung, Bekasi, SUARATOPAN - Karya Bakti (Karbak) dan Bakti Sosial (Baksos) oleh Ketua Umum Dharma Pertiwi Pusat Ibu Nanny Hadi Tjahjanto (Ibu Panglima TNI) di Perumahan Trias Estate Jl. Blimbing Raya RW. 19, 20, 21 Kelurahan Wanasari Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi. Rabu (8/1/2020).

Hal tersebut dilakukan TNI yang kini menggandeng Organisasi Aksi Solidaritas Era Indonesia Maju (OASE) dalam rangka pemberian bantuan pasca bencana banjir di wilayah Kodim 0509 Kabupaten Bekasi.

Menurut Nanny, TNI khususnya Kodim 0509/Kab Bekasi telah membantu warga sejak hari pertama banjir dengan melakukan Evakuasi dan pembersihan pasca banjir 3 hari yang lalu. Untuk hari ini melanjutkan pembersihan kembali dengan mengerahkan 200 anggota TNI dan mendatangkan eskapator, air bersih dan truk pengangkut sampah sisa banjir tersebut, sekaligus memberikan bantuan sandang, pangan, papan dan membuka dapur umum untuk korban banjir tersebut.

"Kami dan OASE berupaya terus membantu meringankan korban pasca bencana banjir ini. Sebelumnya pun kita sudah kerahkan sejak 3 hari yang lalu. Mulai Evakuasi, pembersihan lumpur/sampah, dan sekarang pemberian bantuan. Ini sekedar untuk membantu mengurangi beban korban banjir," ujar Nanny (Ibu Panglima TNI) saat di lokasi. 

Karbak dan Baksos OASE, tampak Nanny dan perwakilan OASE dan anggota TNI Kodim 0509 melakukan pembersihan/pengangkutan lumpur dan sampah pasca banjir.
Pihaknya berpesan, agar masyarakat menjaga hingga mengaktifkan kembali kerja bakti di hari Minggu pada lingkungan setiap RT dan RW sekitarnya. Dan juga menjaga agar tidak membuang sampah sembarangan. Sebab sampah akan menutup aliran air sungai sehingga menimbulkan dampak banjir.

"Kita harus aktifkan kembali setiap hari Minggu melakukan kerja bakti. Dan selain itu pun kami inginkan RT, RW bersama warganya mengajukan pengerukan kali (normalisasi sungai) yang ditujukan ke Dinas PU. Sehingga sungai yang sudah dangkal ini bisa teratasi," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Cibitung Joko Dwijatmoko yang didampingi Lurah Wanasari Sarkum yang ikut hadir menyatakan, terkait penyebab banjir dibeberapa titik di wilayah Kabupaten Bekasi, pihaknya pun telah membahasnya dalam rapat bersama Bupati. Dalam waktu dekat dan skala prioritas pihaknya telah menyusun ajuan dalam musrenbang Kecamatan.

"Kita sudah susun dari kemarin, saat kita rapat dengan Bupati. Kami diperintahkan untuk memprioritaskan ajuan/usulan yang menjadi penyebab banjir, dan kita diminta untuk menginventarisir penyebab banjir termasuk fasilitas umum yang menjadi korban banjir ini," jelas Joko

Kemudian, Pihaknya pun telah mendengar langsung dari Ibu Panglima TNI, bahwa normalisasi kali maupun bangunan dan sarana prasarana pendidikan SDN Wanasari 15 tersebut. Sehingga menurutnya akan menjadi skala prioritas pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Camat pun berharap, disamping ajuan yang akan Ia prioritaskan tersebut, agar Ibu Panglima dan DPRD Komisi IV yang hadir tersebut untuk ikut mendorongnya, sehingga usulan yang telah disusun dapat terealisasi.

Perlu diketahui, pada Karbak dan Baksos tersebut, ikut dihadiri para Perwira Mabes TNI, Puspen TNI, Penrem 051/Wijayakarta, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi (Letkol Inf Perry Sandhi Sitompul) dan jajaran, Persit Kodim 0509, Polri dan Muspika Kecamatan Cibitung. (YH/Red).


TerPopuler