Kepala Desa Pulau Kemang Realisasikan BLT - DD Tahap lll, Warga Ucap Syukur

Kepala Desa Pulau Kemang Realisasikan BLT - DD Tahap lll, Warga Ucap Syukur

Sabtu, 23 September


Empat Lawang, SUMSEL, SUARA TOPAN - Kepala Desa Pulau Kemang, Jalaludin  realisasikan bantuan BLT DD untuk membantu perekonomian masyarakat miskin dalam hal penurunan kemiskinan secara exstrim.

Penyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap Tiga sebesar Rpa.17.100.000 untuk dibagi kepada 19 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bertempat di Kantor kepala Desa Pulau Kemang, Kecamatan Ulu Musi, Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan, pada Jumat (22/9/2023).

Kegiatan tersebut, dihadiri pihak Pemerintah Kecamatan Pulau Kemang, Bhabinkamtibmas, Kapolsek, Babinsa PLD, PD, serta Apratur Desa lainnya.

Kepala Desa Jalaludin menjelaskan, bahwa Bantuan Langsung Tunai yang dibagikan pada tahap Tiga adalah untuk pembayaran bulan Juli hingga bulan September Tahun Anggaran 2023. Adapun nilai BLT yang disalurkan adalah sebesar Rp. 300.000 setiap bulannya dengan total 3 bulan sebanyak Rp. 900.000 per- KPM," terang Kades.

“Realisasi ini sesuai petunjuk dari Dinas PMD, Camat, PD dan PLD, BLT DD ini tidak boleh ditahan-tahan harus segera kita salurkan dan penerima keluarga manfaat sesuai kriteria yang di tentukan," ungkapnya.

Kepala desa Jalaludin menuturkan, dalam hal rangkaian proses penyaluran BLT, pihaknya terlebih dahulu melalui berbagai tahapan sesuai dengan aturan yang ada. Salah satunya penginputan Dana Desa yang dilakukan secara online.

Selain itu, Pemdes juga membutuhkan kelengkapan data dari Keluarga Penerima Manfaat dan Pemdes juga terlebih dahulu telah melakukan proses Musyawarah Desa (Musdes) untuk menetapkan nama-nama dan jumlah penerima BLT DD tersebut.

“Kita berusaha setelah penyaluran BLT DD ini untuk segera menyampaikan pertanggungjawabannya, sekaligus pengajuan untuk tahapan berikutnya. Karena jika laporan pertanggungjawaban belum selesai maka pengajuan untuk tahap selanjutnya juga tidak bisa dilakukan,” tuturnya.

Kemudian menurut seorang warga penerima manfaat Desa Pulau Kemang (NS) mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah, khsusunya Kades.

"Kami Desa Pulau Kemang yang telah menerima bantuan BLT-DD ini, akan kami pergunakan sebaik mungkin dan kami bersyukur serta terima kasih kepada pak Kades,” ucap warga penuh rasa syukur. (Yefri).  
 

TerPopuler