Diduga Kurangi Spesifikasi Teknis, Aktivis Soroti Preservasi Saluran Karang Satria - Indoporlen

Diduga Kurangi Spesifikasi Teknis, Aktivis Soroti Preservasi Saluran Karang Satria - Indoporlen

Selasa, 04 Juli

 

Preservasi Saluran Karang Satria-Indoporlen yang dikerjakan CV. Karya Duta Persada

Kabupaten Bekasi, SUARA TOPAN - Pekerjaan infrastruktur Drainase (U-Ditch) gunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kebupaten Bekasi 2023 berjudul, Preservasi Saluran Karang Satria-Indoporlen yang dikerjakan CV. Karya Duta Persada nomor SPMK PG.02.02/244/SPMK/PJL-DSDABMBK/2023 nilai Rp. 335,732,000,- diduga tidak sesuai spesifikasi teknis.

Pasalnya, akibat kurangnya pengawasan dari Dinas dan Konsultan, ada beberapa item pemasangan U-Ditch tidak tertuang pasir sebagai pondasi lantai kerja.

Padahal, adanya pembangunan drainase U-Ditch, seharusnya bisa berfungsi untuk kelancaran pembuangan air agar bisa bermanfaat bagi warga.

Sementara, Yuda sebagai Konsultan pengawas saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp terkait lantai kerja di kegiatan saluran Karang Satria-indoporlen, dirinya mengatakan, kemaren untuk lantai kerja mereka memakai pasir urug cuma kalau sekarang saya belum cek lagi, nanti coba saya tegur pelaksana lapangan," kata Yuda kepada media, Selasa (4/7/2023).

Lalu, saat ditanya soal elevasi, Yuda menjelaskan, Kita masih kejar levelingnya dulu, yang sudah terpasang di akhir pengukuran. Nanti ke depannya kita tarik benang, untuk mendapet elevasi kemiringannya.

Menanggapi hal tersebut, menurut Yanto Purnomo, Ketua Komunitas Peduli Bekasi, dirinya menilai, pada pembangunan drainase dengan menggunakan item U-Ditch, seharusnya pihak kontraktor terlebih dahulu melakukan pemasangan lantai kerja sebelum peletakan U-Ditch.

Terlebih, untuk biaya anggaran lebih besar yang tertera di etalase e-katalog, dengan harga RP, 1,651,600,00, terpasang. Sehingga untuk lantai kerja harus tebal 5 cm, karena sudah tercantum di lingkup pekerjaan saluran ukuran U-Ditch 60X60 cm plus tutup U-Ditch type HD 60x60 cm," jelas Yanto.

“Karena fungsi permulaan lantai kerja, untuk dapat mengontrol elevasi air, maka dengan permukaan saluran drainase yang bisa dipasangkan. Sehingga saat U-ditch precast yang sudah diturunkan bagian elevasinya bisa diaplikasikan dengan cukup baik," tegasnya.

Lebih lanjut, ungkap Yanto, kalau cara sistem kerjanya tidak memperhatikan elevasi, maka aliran air tidak mengalir dari hulu ke hilir dan aliran air tidak akan menyambung dan berfungsi dengan baik.

Perlu diketahui, untuk Pekerjaan pemasangan saluran precast dengan spesifikasi U-Ditch ukuran 60x60 cm dan tutup U-Ditch type HD 60x60 cm termasuk lantai kerja pasir urug tebal 5cm dan perapian tanah pada sisi-sisi U-Ditch setelah dilakukan timbunan tanah kembali. Metode pekerjaan lebih detail mengikuti Spesifikasi Umum Direktorat Jenderal Bina Marga Tahun 2018 Revisi 2. (Tim).  

TerPopuler