Jelang Mudik Lebaran, Pemkab Bekasi Kebut Perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang

Jelang Mudik Lebaran, Pemkab Bekasi Kebut Perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang

Kamis, 30 Maret

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan meninjau perbaikan jalan Inspeksi Kalimalang jelang arus mudik di Jalan Raya Kalimalang, Sukadanau, Kabupaten Bekasi, Kamis (30/03/2023).


Kabupaten Bekasi, SUARA TOPAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi (SDABMBK) mulai melakukan pembangunan dan perbaikan jalan sepanjang 1,8 kilometer yang tersebar disejumlah titik kerusakan di Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Sukadanau, Cikarang Barat.

Untuk memastikan pelaksanaan pekerjaan tersebut, Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, yang didampingi Kepala Dinas SDABMBK Henri Lincoln, turut meninjau langsung ke proyek pekerjaan, pada Kamis (30/3/2023) siang.

“Hari ini kita mulai mengerjakan konstruksi fisik ditahun anggaran 2023. Saya memahami keluhan masyarakat terkait jalan ini. Pun ada percepatan yang tadinya setelah lebaran, sekarang sebelum lebaran,” ujar Pj. Bupati Bekasi.


Dirinya mengatakan peninjauan ini dilakukan untuk memastikan pekerjaan ditangani dengan baik, karena perbaikan jalan ini ditargetkan rampung sebelum menjelang musim mudik lebaran 2023. 

“Sesuai dengan rapat koordinasi, sebelum lebaran akan selesai perbaikannya karena jalan ini akan dimanfaatkan untuk jalur mudik lebaran,” katanya. 

Ia menuturkan, perbaikan jalan ini dilaksanakan melalui metode pengadaan baru yakni kerjasama E-Catalog Sektoral Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Rangkaian pengerjaan konstruksi jalan ini pun menggunakan beton, yang diyakini memiliki keunggulan masa pemeliharaan akan jauh lebih lama dan awet. 

“Konstruksinya pakai beton sekarang, kemudian keunggulan masa pemeliharaannya lebih lama kurang lebih 2 tahun, pasti perusahaan akan menjaga kualitasnya,” jelasnya.

Menurut pantauannya, Dani menyebutkan ada 60 titik lainnya yang akan diperbaiki dengan metode serupa secara berkelanjutan.

“Ada 60 titik lainnya yang akan diperbaiki serupa dengan ini, begitu selesai tender konsultan pengawasnya akan langsung dilaksanakan,” pungkasnya.

Terakhir, ia mengatakan yang terpenting adalah fungsi jalan terlebih dahulu yang diperbaiki. Selanjutnya akan dilakukan pemeliharaan garis sempadan, median jalan dan dibangun ornamen khas karena Jalan Inspeksi Kalimalang akan dijadikan landmark Kabupaten Bekasi.

“Saat ini yang terpenting ruas jalan dulu diperbaiki, setelah itu kita coba bertahap sepanjang Kalimalang ini kita garap garis sempadan, median dan ornamen lainnya. Karena kita juga menginginkan jalan ini sebagai landmark Kabupaten Bekasi.” imbuhnya.

Kepala Dinas SDABMBK, Henri Lincoln, menjelaskan Jalan Inspeksi Kalimalang ini memiliki panjang 28 kilometer mulai dari batas Kota Bekasi sampai Kabupaten Karawang, dan perbaikan jalan 1,8 kilometer tersebut termasuk dalam kategori rusak parah.

Lebih lanjut, pihaknya pun telah memetakan 129 jalan yang kedepan akan dilakukan perbaikan berkelanjutan, dengan rincian ruas jalan yang rusak Cibitung, Tegal Gede, Tegal Danas.

“Panjangnya 28 kilometer, namun 1,8 kilometer perbaikan sekarang tersebar, tidak di satu lokasi saja. Ada 129 jalan lagi yang diperbaiki secara berkelanjutan.” tuturnya. (*).  
 

TerPopuler