Sardi Efendi: Ayah Bekali Sikap Hadapi Masa Depan

Sardi Efendi: Ayah Bekali Sikap Hadapi Masa Depan

Sabtu, 12 November

Sardi Efendi, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bekasi.

Kota Bekasi, SUARA TOPAN - Bukan hanya ibu, peran ayah dalam pendidikan anak di keluarga sangat penting. Ayah dan ibu memiliki kewajiban untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anaknya, terutama dalam mendidik anak.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi PKS Sardi Efendi saat memperingati 'Hari Ayah' nasional 12 November 2022. Menurut politisi lulusan UNJ Jakarta ini, banyak yang menganggap bahwa peran ayah sebagai kepala keluarga hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Padahal dukungan, kehadiran, dan keterlibatan ayah dalam tumbuh kembang anak sangatlah penting dan memiliki pengaruh yang besar.

"Ayah menjadi pembimbing dalam hal kerohanian atau keagamaan, bisa jadi pembangkit motivasi juga, menjadi sosok guru, melatih kedisiplinan dan menjadi penghibur pada saat sang anak dalam kondisi kurang baik,” papar Sardi, seusai mengahadiri deklarasi pembentukan Forum Ayah (FAMS) di DPC PKS Medan Satria, Kota Bekasi, Sabtu (12/11).

Menurut Sardi, forum ini sebagai sarana konsultasi dan komunikasi ayah dalam keluarga. “Ya, dengan hadirnya FAMS ini, Forum Ayah, memberi tempat bagi bapak-bapak yang ingin konsultasi. Tidak hanya itu, ke depannya diharapkan forum ini bisa bermanfaat lebih, seperti mengadakan pelatihan dan peningkatan kapasitas untuk sang ayah di keluarganya," papar Politisi asal Kranji ini.

Sardi menegaskan, Partai Keadilan Sejahtera sangat peduli dengan pembinaan ketahanan keluarga, tidak pernah berhenti menebar kebermanfaatan untuk keluarga Indonesia. Dengan adanya BPKK (Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga) kali ini memperkenalkan FAMS di Hari Ayah.

Menurut Sardi, peran ayah akan membantu sang anak saat tumbuh dewasa dan membekali sikap anak saat menghadapi kehidupan bermasyarakat. Di sinilah, kata Sardi, peran ayah untuk menyiapkan sang anak agar dapat bersikap sesuai dengan apa yang diharapkan secara sosial.

"Hari ini kita memperingati hari ayah. Yang kita semua tahu, tugas ayah diantaranya mencari nafkah, melindungi keluarga dan memberikan keteladanan. Dan ayah hebat itu adalah ayah yang punya rencana untuk keluarganya,” pungkas Sardi. (adk). 
 

TerPopuler