Dugaan Kecurangan dan Kurangi Volume Tonase, Pengaspalan Jaling Kalijambe Dipertanyakan


 

Dugaan Kecurangan dan Kurangi Volume Tonase, Pengaspalan Jaling Kalijambe Dipertanyakan

Kamis, 15 September

Pengaspalan Jalan Lingkungan di Kp. Kalijambe Rt.001/004 Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi oleh CV. Kencana Ungu

Kabupaten Bekasi, SUARA TOPAN - Pekerjaan konstruksi, pengaspalan Jalan Lingkungan di Kp. Kalijambe Rt.001/004 Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, dikerjakan oleh CV. Kencana Ungu yang menelan anggaran Rp199.444.450,92, diduga mengurangi volume tonese aspal.

Pasalnya, hasil pantauan tim media dilokasi pengaspalan, saat dilakukan pengukuran menggunakan alat sigmat digital rata-rata mulai 2 sampai 3 cm, sedangkan untuk volume spesifikasi ketebalan aspal ada 2 item, 4 cm Asphalt treated base (ATB) dan 3 cm Lapis Aspal Beton (Lastaston) artinya untuk ketebalan 7cm.

Selain itu, tidak hanya volume ketebalan aspal saja yang diduga tidak sesuai spesifikasi. Namun saat di lokasi pengaspalan pun ditemukan tanda pilok berwarna putih, dengan dugaan untuk mengambil sampel (core drill) yang nantinya saat dilaksanakan coredrill sesuai yang diharapkan kontraktor.

Sementara, Sakti selaku Konsultan pengawas pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Bidang Permukiman Kabupaten Bekasi menjelaskan, dirinya sudah memberikan peneguran saat proses pelaksanaan pekerjaan berlangsung.

"Sudah saya tegur bang, pas saat gelar ATB untuk ditambahin lagi, tapi nyatanya masih tetap tipis," ucap Sakti kepada tim media melalui WhatsApp, Kamis (15/9/2022).

Masih kata Sakti, untuk titik yang bertanda piloknya, saat Coredrill pihaknya akan melihat/monitor dari hasilnya.

"Saya pasti nunjuk, dinas pun juga nunjuk. Kalau tidak ada yang dapat hasil Coredrillnya, pasti kita potong," tegasnya.

Terpisah, PPTK Bidang Permukiman DISPERKIMTAN Kabupaten Bekasi Agung, saat dikonfirmasi mengenai dugaan pengurangan spesifikasi dan adanya tanda pilok, dirinya belum menjawab. (Tim).  
 

TerPopuler