Diduga Pengaspalan di Kp. Buek Jaya Tridaya Sakti Tidak Maksimal

Diduga Pengaspalan di Kp. Buek Jaya Tridaya Sakti Tidak Maksimal

Kamis, 28 Juli

Kegiatan Peningkatan Jalan Lingkungan Kp. Buwek Jaya RT 003 RW 002 Desa Tridaya Sakti, Kecamatan Tambun Selatan oleh CV. Karya Gemilang Andi.

Kabupaten Bekasi, SUARA TOPAN - Proyek pengaspalan yang diselenggarakan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Dan Pertanahan (DPRKPP) Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi di lokasi Kp. Buwek Jaya RT 003 RW 002 Desa Tridaya Sakti, Kecamatan Tambun Selatan oleh CV. Karya Gemilang Andi, diduga ada pengurang Tonase aspal dan suhu aspal tidak maksimal.

Hal tersebut, juga dibenarkan Dede selaku konsultan pengawas saat dihubungi terkait berapa jumlah volume pekerjaan, dan pihaknya mengatakan, total 500an meter persegi, dengan gelaran 7 cm, (4 centi ATB dan 3 centi lapisan lataston) yang kondisi jalan bervariasi.

"Untuk pengiriman aspal, kalau enggak salah 4 mobil, 2 mobil untuk ATB, 2 mobil lagi lataston," kata Dede, beberapa hari lalu.

Sambungnya, iya pun mengatakan sudah melakukan peneguran mengenai suhu aspal yang menurun.

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen Kegiatan (PPTK) Bidang Permukiman pada Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bekasi. Saat dimintai keterangan mengenai dugaan pengurangan jumlah tonase aspal dan suhu aspal yang sudah menurun serta melakukan PHO/Coredrill baru hitungan jam, dirinya enggan menjawab.

Terpisah, Ketua Komunitas Peduli Bekasi (KPB) Yanto Purnomo menyayangkan dengan sikap pihak rekanan (kontraktor) yang mengabaikan teguran dari konsultan  di lokasi kegiatan Kp.Buwek Jaya.

"Secara analisa, Aspal yang digelar harus suhunya panas, sehingga hasil juga akan maksimal," cetus Yanto.

Namun, lanjut Yanto, apabila dipaksakan digelar dalam suhu yang sudah berkurang (dingin), maka hasil akan tidak maksimal," sambungnya.

Kemudian, mengenai jumlah Tonase gelaran, beber Yanto, Apalagi dengan total kurang lebih 500 meter persegi, dengan menggunakan 2 item lapisan aspal (ATB 4cm + Lataston 3cm), secara analisa masa hanya dikirim 4 mobil aspal?," ucap Yanto, Kamis (28/7/2022).

"Kami menduga, adanya pengurangan jumlah tonase yang sebenarnya, sehingga hasil gelaran aspal akan tidak maksimal juga (tipis)," tandasnya. (Tim/Tamcib). 
 

TerPopuler