Badan Kehormatan DPRD Kota Bekasi Akan Luncurkan ‘BK Award’

Badan Kehormatan DPRD Kota Bekasi Akan Luncurkan ‘BK Award’

Rabu, 18 Mei

Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bekasi, Bambang Purwanto.

Kota Bekasi, SUARA TOPAN – Dalam rangka apresiasi kinerja Dewan terbaik, program ‘BK Award’ akan diluncurkan. Hal tersebut dikatakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bekasi, Bambang Purwanto yang berencana akan menggulirkan program ‘BK Award’ pada tahun ini.

Pihaknya pun menuturkan, bahwa dalam penyelenggaraan ‘BK Award’ sendiri memang anggarannya belum disipakan, namun pada tahun ini pihaknya akan berupaya mengusulkan aggaran di APBD Perubahan tahun 2022. Ia berharap acara tersebut bisa dilaksanakan pada penghujung tahun.

Sedang terkait teknis penilainnya, BK akan bekerjasama dengan berbagai pihak eksternal juga perguruan tinggi di Kota Bekasi, sehingga lebih akuntable dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Salah satu kriteria utama yang pasti adalah terkait dengan kehadiran Anggota Dewan dalam berbagai rapat-rapat komisi dan badan serta hadir di Sidang Paripurna,” ujar Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Bekasi tersebut.

Dalam kepemiminannya yang tinggal 2 tahun kedepan, BK berharap agar tidak ada kasus-kasus yang terjadi (Zero Case) dan juga dapat meningkatkan kapabilitas anggota BK dalam memahami mekanisme Tata Cara Beracara yang telah dimiliki DPRD Kota Bekasi.

Tak hanya itu juga, Bambang menyampaikan perihal berbagai laporan kasus-kasus Dewan yang terjadi selama ini, dalam waktu empat bulan sekali ada pertemuan dengan seluruh pimpinan fraksi untuk membahas produktivitas kerja masing-masing anggota.

“Tugas dan Fungsi BK yakni berupaya untuk menjaga moral, martabat, citra dan kredibiltas anggota DPRD. Oleh karena itu, program BK pada tahun 2022 ini ialah meningkatkan kapabilitas dan profesionalitas seluruh anggota BK agar dapat memahami mekanisme Tata Cara Beracara apabila terjadi aduan atau laporan dari Dewan dan juga dari masyarakat,” ujarnya.

“Tak hanya itu tugas BK juga melakuan publikasi terhadap kinerja DPRD dengan memberikan reward kepada anggota yang mempunyai kinerja baik melalui program BK Award sebagaimana yang pernah dilakukan oleh DPRD provinsi Jawa Barat. Jika hal ini bisa dipublikasikan kepada masyarakat umum maka mereka akan mengetahui kredibilitas para wakil rakyat yang bekerja di Parlemen,” tambahnya.

Hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama, Bambang Purwanto mengapresiasi kehadiran Pimpinan dan anggota Dewan dalam kegiatan halal bi halal dan silaturrahmi, sekaligus ini menunjukkan komitmen Dewan siap bekerja untuk melakukan fungsi pengawasan dan pelayanan kepada masyarakat. (Adv/Setwan). 
 

TerPopuler