Pembangunan Eco Village dan TPS 3R Segera Dimulai

Pembangunan Eco Village dan TPS 3R Segera Dimulai

Sabtu, 09 April



Cikarang, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Pembangunan Eco Village dan TPS 3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recyle) di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, melalui program CSR bersama PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) segera dimulai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, menghadiri langsung kegiatan pendandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) CSR Eco Village oleh PT HMMI, bertempat di Ruang Rapat Sekda, Gedung Bupati Bekasi, Cikarang Pusat, pada Kamis (7/4/2022).

Sekda Dedy menyampaikan apresiasinya kepada PT HMMI, yang ikut berperan aktif dalam penanganan dan pengendalian sampah di lingkungan masyarakat. Ia ingin kerja sama CSR ini dapat berkembang ke desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Pendandatanganan antara PT. HMMI ini sebagai bentuk kepedulian pihak swasta dalam penanganan dan pengendalian sampah. Mudah-udahan kerja sama ini bisa berkembang dan bisa dilakukan juga di desa lainnya," ucapnya saat diwawancarai.

Ia menjelaskan bahwa program tersebut akan dibangun secara bertahap di atas lahan seluas 4.000 m², dengan melibatkan Komando Daerah Militer, kelompok masyarakat, disertai pelatihan dan pemberdayaan bersama Ikatan Alumni Teknik Lingkungan Institut Teknik Bandung (IATL ITB).

"Secara bertahap akan dimulai pengerjaannya. Lahan juga sudah siap seluas 4.000 m². Ini juga akan bekerja sama dengan IATL ITB untuk melakukan pendampingannya," terangnya.

Dirinya berharap, TPS 3R ini dapat menjadi induk dari bank-bank sampah di wilayah Cibitung, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menjadi penambahan pemasukan keuangan bagi keluarga.

"Ini bisa menjadi induk dari bank sampah yang bisa dimanfaatkan, diolah, dan bernilai guna karena di Cibitung ini sudah banyak bank-bank sampah. Mudah-mudahan bisa menambah perekonkmian masyarakat sekitar," harapnya.

Sebagai informasi, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung telah dicanangkan sebagai Destinasi Wisata baru di Kabupaten Bekasi. Selain Eco Village, Desa Wanasari juga mencanangkan pembangunan Kampung Wisata Pancasila dan Kampung Agrowisata yang akan menjadi lokasi pelaksanaan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Cucu Sri Hartini, Kepala Bagian Kerjasama Dwy Sigit Andirian, jajaran PT HMMI, Kepala Staf Kodim (Kasdim), serta perwakilan IATL ITB. (*). 

TerPopuler