Pemkab Dukung Pengembangan Destinasi Wisata Baru di Wanajaya Cibitung

Pemkab Dukung Pengembangan Destinasi Wisata Baru di Wanajaya Cibitung

Jumat, 25 Maret

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi saat meninjau langsung ke tiga lokasi pencanangan di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kamis (24/3/2022).

Cibitung, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung penuh pencanangan pembangunan Eco Village, Kampung Wisata, serta Kampung Wisata Pancasila yang berlokasi di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, yang akan rampung pada tahun 2022 ini. Rencana tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang bekerja sama dengan Komando Daerah Militer.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, mengatakan masyarakat secara positif antusias dengan pencanangan objek wisata baru ini, saat meninjau langsung ke tiga lokasi pencanangan di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kamis (24/3/2022). 

“Kita telah meninjau beberapa lokasi pencanangan Eco Village dan TPS 3R (Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle). Antusias masyarakat sangat baik, kita bekerjasama dengan PT. Hyundai melalui CSR-nya. Kami dari Pemkab Bekasi sangat mendukung, dan untuk utilitas, jalan nanti akan dilakukan pelebaran untuk bisa berkembang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekda menyebutkan bahwa pembangunan ini dapat terealisasi dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, juga menjadi ciri khas Desa Wanajaya jika nantinya pembangunan ini selesai. Saat ini, pihaknya sedang membuat konsep pembangunan agar terlihat menarik dan secepatnya diresmikan.

“Pembangunan ini tentu dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, juga mungkin menjadi ikon Desa Wanajaya kalau pembangunan ini sudah selesai,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kepada Camat Cibitung dan masyarakat sekitar terkait TPS3R di Desa Wanajaya, karena saat ini TPS3R telah banyak membuat terobosan dan beroperasi sesuai fungsinya.



“Saya juga mengapresiasi apa yang dilakukan dari Pak Camat Cibitung terkait terobosan TPS3R, tadinya ada beberapa bank sampah saja, tetapi sekarang secara masif sudah banyak tempatnya, dan kami memberikan Drum Truck sebagai bentuk dukungan dari Pemerintah Daerah,” katanya.


Terakhir, dirinya berharap hal tersebut menjadi contoh bagi desa lainnya di Kabupaten Bekasi, untuk mencontoh terobosan ini karena hal tersebut menunjukan kreativitas, inovatif dan inspiratif.

“Ini mudah-mudahan menjadi role model, ataupun pilot project bagi desa lainnya di Kabupaten Bekasi bisa tiru, amati dan modifikasi apa yang sudah dilakukan di Kecamatan Cibitung.” pungkasnya.

Menurut Camat Cibitung, Encun, mengatakan Desa Wanajaya berkomitmen dan bekerjasama untuk mengembangkan Kampung Ecowisata, juga menjadi lokasi tempat penilaian program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

“Disini kita ingin bekerjasama mengembangkan desa ini menjadi desa ecowisata dan ini juga menjadi lokasi penilaian P2WKSS nantinya,” ucapnya.

Dirinya menuturkan bahwa P2WKSS ini memiliki tiga lokasi rencana pembangunan, yaitu Kampung Eco Village, Kampung Wisata Pancasila, dan Kampung Agrowisata.

“Nanti kita integrasikan 3 konsep ini dari masing-masing pembangunan. Pertama Eco Village PT. Hyundai, kemudian Kampung Wisata Pancasila di Tanah Kodam, dan Kampung Agrowisata yang dikelola oleh Pesona Wanajaya.” tandasnya. (Adv). 

TerPopuler