Pemkab Bekasi Mulai Perbaiki 2.500 Rumah Tidak Layak Huni


 

Pemkab Bekasi Mulai Perbaiki 2.500 Rumah Tidak Layak Huni

Rabu, 30 Maret

Plt Bupati secara simbolis memberikan bantuan Rutilahu kepada warga penerima manfaat yang ada di Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, pada Selasa (29/3/2022).


Cibitung, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi memberikan bantuan perbaikan bagi 2.500 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, secara simbolis memberikan bantuan tersebut kepada warga penerima manfaat yang ada di Desa Muktiwari, Kecamatan Cibitung, pada Selasa (29/3/2022).

Saat diwawancarai, Plt. Bupati menjelaskan bahwa bantuan perbaikan Rutilahu telah masuk dalam APBD Tahun 2022, oleh karena itu pengerjaannya secara bertahap sudah dapat dimulai. Dengan anggaran tersebut, masing-masing desa akan menerima kurang lebih 15 titik rumah.

"Pemkab Bekasi dalam APBD Tahun 2022 ini akan memberikan bantuan Rutilahu sebanyak 2.500 rumah yang tersebar di 23 Kecamatan, masing-masing desa akan mendapatkan sekitar 15 titik, dan hari ini mulai pembangunannya," jelasnya.

Dengan bantuan tersebut, Ia berharap warga dapat merasakan manfaatnya sehingga tidak ada lagi warga yang tinggal di rumah dengan kategori tidak layak huni, dikarenakan hal tersebut dapat beresiko membahayakan warga serta dapat mengganggu kesehatan.


"Saya mohon doanya agar rencana ini bisa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga rumah-rumah yang masuk dalam kategori tidak layak huni sudah tidak ada lagi," harapnya.


Selain memberikan bantuan bagi Rutilahu, Plt. Bupati juga meninjau pelaksanaan pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) di desa tersebut. Pada tahun 2022, Pemkab Bekasi akan membangun sebanyak 1.434 unit SPALD-S di 15 desa.

Melalui sistem pengelolaan air limbah yang baik, Ia ingin masyarakat hidup dengan sejahtera serta adanya peningkatan kualitas kesehatan di masyarakat.

"Tadi ada juga pengerjaan SPALD-S yang telah dimulai. Semoga SPALD-S ini dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan juga dapat menyejahterakan," ucapnya.

Melanjutkan agendanya, Plt. Bupati turut meninjau pembangunan jalan lingkungan sepanjang 250 meter di Desa Wanasari. Pembangunan jalan lingkungan tersebut juga akan dilaksanakan secara bertahap untuk beberapa titik di Kabupaten Bekasi. (Adv). 
 

TerPopuler