Pemkab Bekasi Komitmen Tingkatkan Pengarusutamaan Gender RSD

Pemkab Bekasi Komitmen Tingkatkan Pengarusutamaan Gender RSD

Rabu, 23 Maret

Rapat Koordinasi (Rakor) Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2022 di Hotel Nuanza Cikarang Selatan, Selasa (22/3/2022).

Cikarang, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi harus mempertahankan komitmen untuk mengedepankan perencanaan dan penganggaran responsif gender dalam setiap kegiatan Organisasi Perangkat Daerah pada Rencana Strategis Daerah (RSD).

Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki, menyampaikan hal tersebut kepada Asisten Daerah, Kepala Perangkat Daerah, Lurah serta Camat di lingkungan Kabupaten Bekasi, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2022 di Hotel Nuanza Cikarang Selatan, pada Selasa (22/3/2022).

Dalam sambutannya, Plt. Bupati mengatakan, rakor ini dilakukan untuk menyusun program responsif gender atau program yang melibatkan perempuan mulai dari tingkat desa hingga kabupaten. Karena perencanaan dan penganggaran responsif gender merupakan suatu proses yang dilaksanakan oleh para perencana perangkat daerah, sebagai wujud komitmen para pemangku kebijakan. 

"Hal tersebut sangat mendukung pembangunan, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mewujudkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Lebih lanjut, dirinya meminta kepada semua masing-masing perangkat daerah agar segera memberikan eviden data program PUG, agar Pemkab Bekasi dapat meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya pada periode penilaian berikutnya. Karena sebelumnya selama 2 kali berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Bekasi telah meraih penghargaan APE kategori Pratama atas komitmennya dalam melaksanakan PUG. 


"Tentunya saya berharap, kali ini Pemkab Bekasi dapat meraih kategori Madya pada penganugerahan APE mendatang. Mari kita sama-sama menyukseskan fase penilaian APE dengan memberikan eviden data program dan kegiatan PUG di instansi masing-masing," ucapnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Ani Gustini menyampaikan, maksud dan tujuan rakor PUG adalah untuk mendukung program-program yang ada di instansi, serta mewujudkan komitmen bersama menuju anugerah APE. 

Ani berharap, agar semua Perangkat Daerah di lingkungan Kabupaten Bekasi berkomitmen mendukung program dan mewujudkan kualitas kesetaraan gender dalam rangka pencapaian APE dari tingkat Pratama ke tingkat Madya. 

"Tadi kita sudah lakukan penandatanganan komitmen bersama untuk mensukseskan APE, mudah-mudahan tahun ini Pemkab Bekasi dapat meraih APE kategori madya," pungkasnya. 

Rakor tersebut diselenggarakan selama 2 hari yakni dari tanggal 22-23 Maret 2022 yang diikuti sebanyak 160 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari para perangkat daerah dan camat untuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua diikuti bidang perangkat daerah dan sekretaris kecamatan. (Adv). 

TerPopuler