Korem 051/Wkt Genjot Buat Kawasan Food Estate dan Giat Panen Raya


 

Korem 051/Wkt Genjot Buat Kawasan Food Estate dan Giat Panen Raya

Kamis, 31 Maret

Kegiatan panen raya padi dan penanaman jagung perdana di lahan pertanian Kodam Jaya/Jayakarta, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung wilayah Kodim 0509/Kab.Bekasi, pada Kamis (31/3/2022).

Cibitung, Kab Bekasi, SUARA TOPAN - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayah, Korem 051/Wijayakarta bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi dan juga Kelompok Tani melakukan panen raya padi dan penanaman jagung perdana di lahan pertanian Kodam Jaya/Jayakarta, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung wilayah Kodim 0509/Kab.Bekasi, pada Kamis (31/3/2022).

Kegiatan tersebut juga terus akan digenjot Korem 051/Wijayakarta bersama Pangdam Jaya/Jayakarta hingga merencanakan pembuatan kawasan Food Estate di tempat tersebut.

Menurut Danrem 051/Wijayakarta, Brigjen TNI Yustinus Nono Yulianto dalam kesempatan tersebut bersama Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto menyampaikan, bahwa kegiatan Panen Raya Padi bersama Pangdam Jaya ini memang sudah menjadi agenda dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

"Kita menyadari, selama proses tanam tentu masih banyak kekurangan, hambatan maupun kendala yang dihadapi seperti gangguan iklim, hama penyakit, keterbatasan sarana prasarana dan masalah pengairan atau irigasi bahkan juga fluktuasi harga beras di pasaran, namun demikian hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk terus maju," ungkapnya.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan,
dalam menyukseskan ketahanan pangan tersebut, yang digarap di atas luas lahan tanah sekitar 429.905 m2, yang telah menjadi sawah 378.000 m2, dan yang belum diolah 51.905m2,
dilaksanakan kegiatan panen raya padi dan penanaman perdana jagung yang merupakan sebuah upaya nyata yang dilakukan satuan kewilayahan dan sebagai bukti keseriusan Korem 051/Wkt beserta jajarannya dalam hal ini Kodim 0509/Kab.Bekasi yang siap mewujudkan ketahanan pangan dengan membuat Food Estate di wilayah Desa Wanajaya Kecamatan Cibitung," terang Danrem.

Kemudian, dalam kesempatan yang sama dan penuh keakraban itu, Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Untung Budiharto mengucapkan terimakasih kepada Danrem 051/Wijayakarta dan jajaran dalam membantu mewujudkan ketahanan pangan.

"Untuk menjamin keamanan, menciptakan ketahanan pangan, TNI-AD harus terjun langsung untuk memberikan inspirasi bercocok dan mensukseskan program pemerintah," harapnya.

Dilanjutkannya, bahwa tempat tersebut adalah tempat yang akan dikelola oleh Korem 051/Wijayakarta dan akan ditanami Padi dan Palawija, sebagai tempat belajar para petani, disamping tempat ini akan dibangun untuk tempat rekreasi bagi masyarakat.

"Tanah Kodam Jaya ini, bisa digunakan untuk bercocok tanam, kami memberikan semangat kepada bapak, ibu sekalian dan memberikan contoh bagaimana cara bercocok tanam yang baik, bisa bekerja berkalobrasi beberapa sektor, bisa menciptakan ketahanan pangan dan mendukung program ketahanan pangan atau Beras Pemerintah Republik Indonesia,“ ujar Pangdam.

Diketahui, bersamaan dengan kegiatan Panen raya padi dan penanaman jagung perdana, juga dilaksanakan vaksinasi booster serta pemberian sembako, yang di ikuti secara antusias oleh masyarakat sekitar. (*).


@Sumber : Penrem 051/Wijayakarta. 

TerPopuler