137 Ibu Hamil di Desa Sukamanah Sudah Divaksin Dosis Pertama

137 Ibu Hamil di Desa Sukamanah Sudah Divaksin Dosis Pertama

Jumat, 22 Oktober

Seorang lbu hamil di Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani sedang mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama, Kamis (21/10/21).

Sukatani, Kab Bekasi, SUARA TOPAN – Sebanyak 137 ibu hamil di Desa Sukamanah Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi sudah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama.


Menurut Kepala Desa Sukamanah, Jajuli Sulaeman mengungkapkan, vaksinasi terhadap ibu hamil di desanya dapat dituntaskan berkat kerjasama antara pemerintah desa dengan kader-kader Posyandu, sehingga para ibu hamil antusias mengikuti vaksinasi.

"Alhamdullilah, semua ibu hamil di desa kami sudah divaksin, karena resiko keselamatan mereka selama pandemi Covid-19 sangatlah besar,” kata Jajuli saat ditemui di kantor Desa Sukamanah, Kamis (21/10/2021).

Jajuli mengaku, untuk mengajak ibu hamil mengikuti vaksinasi Covid-19 bukan pekerjaan mudah. Pasalnya saat awal-awal melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 kepada ibu hamil, pihaknya mendapatkan penolakan, sehingga Pemdes Sukamanah mengajak para kader Posyandu untuk ikut serta dalam mensukseskan program vaksinasi ibu hamil.

"Alhamdulillah setelah kami melibatkan kader-kader Posyandu, para ibu hamil antusias mengikuti vaksinasi," lanjutnya.

Selain itu Jajuli mengatakan, ada beberapa syarat dalam memberikan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil yang masuk dalam kriteria khusus. Salah satunya proses skrining yang harus benar-benar detail dalam pemeriksaan status kesehatannya, agar tidak terjadi sesuatu yang berisiko terhadap sang ibu dan calon anaknya.

“Vaksinasi untuk ibu hamil, kami berikan dari merk Sinovac, kami juga melakukan monitoring untuk mengetahui apakah ada efek samping yang muncul dari pemberian vaksin Covid-19 kepada ibu hamil,” tambahnya. (Yh). 

TerPopuler