BUMDes Setiaasih Kembali Kembangkan Batik Bekasi untuk Pemulihan Ekonomi

BUMDes Setiaasih Kembali Kembangkan Batik Bekasi untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat, 03 September

Workshop kerajinan batik khas Bekasi 'Samara' oleh para kader PKK Desa Setiaasih, Kecamatan Tarumajaya

Tarumajaya, Kab Bekasi, SUARATOPAN - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Setiaasih, Kecamatan Tarumajaya kembali memberdayakan pengembangan batik khas Bekasi 'Samara' sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Pj Kepala Desa Setiaasih Dede Firmansyah mengatakan, workshop kerajinan batik Samara oleh para kader PKK sempat terhenti sejak terjadinya pandemi Covid-19, namun saat ini akan dilanjutkan kembali.

"Iya.., melalui pengembangan kerajinan batik yang telah kita miliki, nantinya bisa kami manfaatkan sebagai upaya pemulihan ekonomi bagi warga yang tidak memiliki pekerjaan akibat terdampak pandemi," ujarnya kepada Media ini, Kamis (02/9/2021).

Dede meyakini, Batik Samara bisa berkembang karena memiliki ciri khas kearifan lokal Bekasi yang bisa diterima pasar dan dapat bersaing dengan batik lainnya.

"Dengan memiliki workshop kerajinan batik Samara ini menjadi potensi pemberdayaan ekonomi terutama untuk masyarakat Desa Setiaasih," terangnya.

Pihaknya berharap, adanya dukungan pemasaran dari pemerintah daerah, keberadaan Batik Samara akan lebih cepat dikenal masyarakat sehingga pemulihan ekonomi ditengah pandemi perlahan bisa terwujud. (Yh). 


 

TerPopuler