Selain Rutin Olahraga, Empon-Empon Ala Wali Kota Bekasi Jadi Pencegah Covid

Selain Rutin Olahraga, Empon-Empon Ala Wali Kota Bekasi Jadi Pencegah Covid

Jumat, 20 Agustus

Ramuan empon-empon racikan yang dikemas kedalam kapsul ala Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi untuk meningkatkan imun tubuh dan pencegahan Covid-19

Bekasi, SUARATOPAN - Di sela-sela kesibukannya, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengaku, dalam masa pandemi Covid-19 saat ini, telah membuat sendiri racikan-racikan sebagai penguat imun tubuh dirinya. Hal itu diakuinya saat usai melakukan olahraga pagi rutin di Stadion Patriot Candrabhaga - Bekasi.

Rahmat menyarankan bahwa, selain olahraga rutin seperti lari kecil pagi hari, melakukan sit-up, Push-up adalah cara menyehatkan badan apalagi pada saat masa pandemi kali ini, karena sangat penting untuk imun, agar tidak turun dan tidak mudah terserang penyakit.

Wali Kota juga mengungkapkan, ada sebuah racikan yang dibuatnya dalam sebuah vitamin, tapi dari rempah-rempah (empon-empon) seperti jahe, temulawak, kunyit dan lain halnya yang di masukkan dalam sebuah kapsul.

Uniknya ramuan ini dibuat seperti serbuk dengan diblender atau diulek langsung seperti jamu biasanya. Bahan rempah ini menjadikan rahasia yang umum yang telah dianjurkan, dikemas dengan rapi seperti obat dan langsung di bagikan ke beberapa Kepala OPD di Pemerintah Kota Bekasi.

Wali Kota menerangkan, bahwa ini hanya bentuk pencegahan dirinya untuk menjaga bahaya Covid-19, memang umum bentuknya berupa yang dianjurkan pembuatan jamu empon-empon dari rempahan yang biasa diseduh dengan air, akan tetapi dirinya membuat lebih simpel dan bisa dikonsumsi kapan saja serbuk jamu tersebut dimasukkan ke dalam kapsul sehingga bisa dibawa kemana-mana (praktis).

Ramuan tersebut hanya dikonsumsi pribadi dan kebetulan juga diberikan kepada teman-teman perangkat daerah yang sempat positif Covid-19, salah satunya Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi, Sajekti Rubiyah saat menjadi penyintas Covid-19 dikirimkan langsung racikan jamu tersebut oleh Wali Kota Bekasi.

"Banyak yang menanyakan kepada saya, mengenai daya tahan tubuh untuk mencegah terserangnya Virus Covid 19 ini, saya membuat langsung ramuan jamu tersebut dan dikonsumsi setiap hari. Kemudian saya juga bagikan kepada teman-teman perangkat daerah dalam mencegah maupun yang terkena Covid-19, salah satunya Kabag Humas dalam beberapa waktu bisa dinyatakan negatif, ini hanya ramuan biasa saja," Ujar Wali Kota kepada SUARATOPAN.COM.

Wali Kota juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi ini, walaupun angka kasus di Kota Bekasi sudah melandai. Berkat kerjasama dari semua elemen termasuk tertibnya warga yang mematuhi protokol kesehatan. (Yat).
 

TerPopuler