Kejar Herd Immunity, Vaksinasi Dosis ke-2 Dimulai di Stadion Wibawa Mukti

Kejar Herd Immunity, Vaksinasi Dosis ke-2 Dimulai di Stadion Wibawa Mukti

Selasa, 24 Agustus

Seorang warga menunjukkan kartu vaksinasi, usai menjalani suntik vaksin dosis ke-2 di Sentra Vaksinasi BPBD Jabar, Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur

Cikarang, Bekasi, SUARATOPAN - BPBD Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Sentra Vaksinasi terpusat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur. Melalui kegiatan sentra vaksinasi, saat ini mulai masuk dosis ke-2, pada Senin (23/8/2021).

Setelah vaksinasi dosis ke-1 yang digelar pada 26 Juli hingga 18 Agustus 2021 lalu, vaksinasi dosis ke-2 dimulai pada 23 Agustus hingga 13 September 2021 mendatang. 

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Deni Budiman menjelaskan, hari pertama vasinasi dosis ke-2 di Stadion Wibawa Mukti, antusias masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti vaksinasi yang dibuka sejak pagi.

"Iya pada hari pertama vaksinasi dosis ke-2 ini antusias masyarakat cukup bagus, karena sebelumnya mereka sudah dijadwalkan dari vaksinasi dosis ke-1. Hanya berpindah lokasi, yang sebelumnya di area tribun barat, kini kami pindahkan di tribun timur Stadion Wibawa Mukti," terang Deni.

Ia menyebutkan, target peserta pada vaksinasi dosis ke-2 kali ini 3000 orang per hari dengan melakukan sosialisasi melalui sosial media dan website Pemkab Bekasi dan perangkat Kecamatan.

"Hingga siang ini kami telah mencatat pendaftar yang hadir mencapai 1.000 orang, dan masih kita tunggu hingga sore nanti," ujarnya.

Pihaknya berharap dengan digelarnya Sentra Vaksinasi dosis ke-2, dapat meningkatkan percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bekasi, menuju terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) yang ditargetkan tercapai pada akhir tahun 2021.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, dr Alamsyah mengatakan, vaksinasi dosis ke-2 diprioritaskan untuk masyarakat yang telah mengikuti vaksinasi dosis ke-1 di Sentra Vaksinasi BPBD Jabar di Stadion Wibawamukti.

"Vaksinasi dosis ke-2 dilaksanakan setiap hari Senin-Sabtu, jam 08.00 - 16.00 WIB, untuk Hari Minggu dan hari besar, kegiatan vaksinasi ditiadakan," ungkapnya.

Peserta yang akan mengikuti vaksinasi dosis kedua, diharuskan membawa kartu vaksinasi, e-voucher yang sudah di-print, KTP asli, foto copy KTP dan alat tulis (ballpoint) serta wajib mematuhi protokol kesehatan. (Yh). 
 

TerPopuler