Tingkatkan Herd Immunity, Ratusan Manula Divaksin Petugas Secara Jemput Bola

Tingkatkan Herd Immunity, Ratusan Manula Divaksin Petugas Secara Jemput Bola

Jumat, 04 Juni

Kegiatan vaksinasi lansia/manula oleh petugas tiga pilar Kecamatan Setu di kampung tangguh Perumahan Graha Mustika Media RW 011, Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jum'at (4/6/2021)

Kabupaten Bekasi, SUARATOPAN - Upaya meningkatkan kekebalan terhadap kelompok (herd immunity) dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ratusan warga lanjut usia (manula) divaksinasi petugas tiga pilar bersama dibantu tim medis Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, pada Jumat (4/6/2021).


Kegiatan itu, dilakukan di kampung tangguh Perumahan Graha Mustika Media RW 011, Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Petugas menggunakan Swabber Mobile, sehingga menjangkau ratusan warga lanjut usia secara jemput bola.

Secara satu persatu, petugas mendatangi para manula di tempat tinggalnya, kemudian dibawa petugas untuk di lakukan vaksinasi yang sudah berada di lokasi kampung tangguh.

Salah satu warga manula, Tiarni Harahap (62) mengaku, sangat berterima kasih dengan adanya vaksinasi yang dilakukan petugas tiga pilar, selain dapat membuat kekebalan tubuhnya, juga berupaya dapat memutus rantai penyebaran virus corona.

"Awalnya sih sempat takut divaksin, tapi setelah divaksin malah tidak ada rasa apa-apa. Paling cuma rasa digigit semut aja," ujar Ibu Tiarni Harahap kepada media.

Ia berharap, setelah dilakukan vaksinasi, kedepannya Imun tubuh menjadi kuat. "Saya harap sudah divaksin ini, Imun tubuh saya menjadi lebih kuat dan tidak kena virus Covid-19," harap Tiarni.

Sementara, Kapolsek Setu AKP Mukmin, yang melakukan pengamanan dan pengawalan terhadap warga khusus manula yang dilakukan vaksinasi, pihaknya meminta para petugas untuk lebih mobile secara terus, menjemput para menula agar dapat dilakukan vaksinasi di kampung tangguh yang telah di siapkan bersama petugas medis.

"Hari ini kita lakukan giat pengawalan dan pengamanan vaksinasi terhadap para menula, sekaligus dalam rangka bakti kesehatan Bhayangkara yang dilakukan di kampung tangguh Desa Lubang Buaya," ungkap kapolsek Setu AKP Mukmin.

AKP Mukmin juga menghimbau, agar warga kedepannya tidak takut untuk di vaksin, selain untuk menjaga kekebalan tubuh dan akan terhindar dari Covid-19. Namun dengan tetap menjaga protokol kesehatan dalam beraktifitas sehari-hari.

"Saya himbau, bagi para manula yang telah divaksin, harus tetap menjaga prokes 3M (memakai masker, mecuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak)," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa lubang Buaya Maulana Yusup, yang mewakili Camat Setu, mengaku sangat merespon dengan apa yang dilakukan petugas tiga pilar secara jemput bola melakukan vaksinasi kepada warganya.

"Kita tahu bahwa, wabah Covid-19 sangat rentan terhadap para manula ini, maka dengan divaksin ini, minimal dapat memperkuat imun para manula. Sehingga virus tidak bisa menyerangnya," ujarnya.

Dirinya pun berharap selaku Kades, kegiatan vaksinasi jemput bola petugas terhadap manula dapat dilakukan di tempat lainnya.

"Saya harap kegiatan seperti ini bisa dilakukan di tempat lainnya yang ada di Desa Lubang Buaya khususnya. Agar selain dapat memutus mata rantai penyebaran virus, juga dapat memberikan kekebalan kelompok bagi warganya," tandas Mul sapaan akrabnya. (Yh)

TerPopuler