Dispar Kab Bekasi Gelar Pembentukan Pokdarwis Tahun 2021


 

Dispar Kab Bekasi Gelar Pembentukan Pokdarwis Tahun 2021

Jumat, 18 Juni

Kegiatan Pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi tahun 2021


Cikarang, Bekasi
, SUARATOPAN - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan dalam rangka membentuk Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Tahun Anggaran 2021. Pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis) tersebut dilaksanakan selama dua hari, dimulai Selasa 15 - 16 Juni 2021. 


Digelarnya kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjadi lebih baik diantaranya yaitu :

1. Meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai bentuk pelaku penting dalam pengembangan kepariwisataan, serta dapat bersinergi dan bermitra dengan pemangku kepentingan terkait dalam meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan di daerah;

2. Membangun dan menumbuhkan sikap dan dukungan positif masyarakat sebagai tuan rumah melalui perwujudan nilai-nilai sapta pesona bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di daerah dan dimanfaatkan bagi pembangunan daerah maupun kesejahteraan masyarakat;

3. Meningkatkan, melestarikan dan memanfaatkan potensi daya tarik wisata yang ada di masing-masing daerah pada umumnya dan wilayah kabupaten bekasi pada umumnya. 


Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Encep Supriatin Jaya. Bahwa pihaknya berharap seluruh elemen masyarakat, khususnya Pokdarwis yang telah terbentuk dapat bersinergi dengan pemangku kepentingan.

“Semua Pokdarwis diharapakan dapat bersinergi dan bermitra dengan Pemerintah Daerah. Sehingga bisa bersama-sama memajukan pariwisata di Kabupaten Bekasi. Tunjukkan eksistensi wisata kita, harus ada produk wisata yang punya nilai jual di luar," katanya.

"Intinya kita (Dispar- red) inginkan Pokdarwis yang memiliki kwalitas dalam pengembangan pariwisata, maupun dapat memanfaatkan potensi daya tarik wisata di Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Kemudian, menurut Kepala Seksi (Kasie) Peningkatan Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Rosidin mengatakan, hingga saat ini sudah ada beberapa Pokdarwis yang sudah terbentuk dan perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pihak agar semakin berkembang.

“Hingga saat ini total ada 14 Pokdarwis yang sudah terbentuk di Kabupaten Bekasi,” kata Rosidin. 

Ke-14 Pokdarwis itu sudah mulai bergerak mengelola potensi wisata yang dimiliki di wilayahnya. Mereka diantaranya yakni Pokdarwis Gedung Juang, Kawung Tilu, Alif Bata, Rawa Binong, Situ Abidin, Cibereum serta Citra Alam Bahari.

Selain itu, Pokdarwis Kahuripan, Pesisir Pal Jaya, Taman Pelangi, Taman Bunga Matahari, Bungin Bakti Jaya, Pesona Wanajaya Cibitung serta Sembilangan Bahari Tarumajaya.

Rosidin mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi akan terus berupaya untuk memberikan pembinaan kepada Pokdarwis yang telah terbentuk. Tujuannya, agar semua tempat wisata yang ada di Kabupaten Bekasi menjadi semakin lebih baik.

“Pengembangan wisata di setiap daerah tak pernah lepas dari peran serta kesadaran masyarakat dan pemuda di daerahnya,” tandasnya. (Adv). 

TerPopuler