300 Tapping Box Tahap 2 Kembali Dipasang Bapenda Kab Bekasi

300 Tapping Box Tahap 2 Kembali Dipasang Bapenda Kab Bekasi

Rabu, 21 April

Herman Hanafi, Kepala Bapenda Kabupaten Bekasi

Cikarang, Bekasi, SUARATOPAN
 - Sejumlah 300 alat perekam data transaksi (Tapping Box) kembali dipasang Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, di sejumlah tempat usaha guna mencegah kebocoran pendapatan daerah dari sektor pajak.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi Herman Hanafi, Rabu (21/04/2021).

Dia mengatakan ratusan alat perekam data transaksi usaha itu rencananya dipasang di sejumlah restoran, hotel, tempat hiburan, hingga tempat parkir yang masuk katagori wajib pajak.

“Rencananya pemasangan tahap ke dua ini selesai pada tahun 2020 tapi tertunda karena pandemi Covid-19 maka dilanjutkan tahun 2021 ini,” katanya.

Herman mengatakan pemasangan tapping box merupakan tindak lanjut Peraturan Bupati Bekasi Nomor 58 Tahun 2019 tentang pelaporan data transaksi usaha wajib pajak secara online. 


Pemerintah daerah tidak terbebani secara anggaran mengingat pengadaan, pemasangan, hingga pemeliharaan alat itu ditanggung sepenuhnya oleh Bank Jabar Banten.

“Pemasangan tapping box ini sesuai hasil supervisi Korsupgah KPK - RI dalam rangka optimalisasi pendapatan daerah dari sektor pajak daerah,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bekasi Akam Muharam mengatakan pemasangan alat perekam tersebut bertujuan untuk menggenjot pendapatan daerah khususunya dari sektor pajak.

Menurut dia pemakaian alat ini cukup efektif sebab dari hasil rekaman yang diterima, pihaknya mendapat data pembanding sehingga para wajib pajak membayar pajak tepat waktu sekaligus tepat jumlah.

“Transaksi wajib pajak bisa dimonitor langsung oleh Bapenda sehingga kita tahu mereka bayar sesuai atau tidak. Saat diketahui tidak sesuai jumlah yang semestinya dibayarkan, kita lakukan pemeriksaan. Itu kan salah satu fungsi pengawasannya dari situ,” imbuh dia. (Adv/Red). 

 

TerPopuler