Kepala BAGUNA Kabupaten Bekasi Eric Sihotang Dilantik Bersamaan Dengan HUT PDI-Perjuangan Ke-48

Kepala BAGUNA Kabupaten Bekasi Eric Sihotang Dilantik Bersamaan Dengan HUT PDI-Perjuangan Ke-48

Senin, 11 Januari

Pelantikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDI-P) Kabupaten Bekasi, Eric Sihotang bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan, Minggu (10/1/2021)

 

Kabupaten Bekasi, SUARATOPAN - Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDI-P) Kabupaten Bekasi, Eric Sihotang dilantik bersamaan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 PDI Perjuangan, Minggu (10/1).

Pelaksanaan pelantikan Kepala Baguna beserta jajaran di Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, dipimpin Usup Supriatna selaku Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi. Dia didampingi Jiovano Nahampun selaku Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilihan Umum, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Ateh Sadiah dan juga hadir Hj Erni Wakil Sekretaris Bidang Program.

Usai pelantikan Usup Supriatna menyampaikan salam dari semua anggota fraksi yang tidak bisa hadir karena sedang mengikuti bimtek dalam rangka menyambut hari ulang tahun partai.

“Seijin ketua hingga terlaksana pelantikan kepala BAGUNA beserta jajaran dimana anggota fraksi terutama ketua kita Bapak Soleman ada workshop atau bimtek pendalaman tugas sebagai anggota DPRD sekaligus ada agenda penanaman pohon serentak di pinggiran sungai Ciliwung,” ucapnya.

Usup juga menambahkan, BAGUNA adalah salah satu badan di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang memiliki peran kesiapsiagaan.

“Badan Penanggulangan Bencana yang disingkat dengan BAGUNA tugas utamanya adalah kesiapsiagaan pra bencana dan evakuasi paska bencana serta melakukan kegiatan-kegiatan paska bencana lainya,” ungkapnya.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam paska bencana, kata Usup, seperti melakukan pengobatan gratis, dapur umum, dan rehabilitasi paska bencana.

Tidak hanya itu Usup juga menerangkan sejarah berdirinya BAGUNA sejak tahun 2005.

“Pendiri PDI Perjuangan Ibu Hj Megawati Soekarno Putri membentuk Badan Penanggulangan Bencana atau Baguna PDI Perjuangan pada tahun 2005. Indonesia pada masa itu merupakan rangkaian dari gunung merapi yang dikenal dunia dengan Ring Of Fire dan menyadari adanya potensi bencana yang cukup besar. Melihat pentingnya ada penanganan bencana tersebut dengan cakupan yang luas baik tata kerja penanggulangan bencana dan penanganan korban bencana maka PDI Perjuangan memandang perlu harus memiliki tanggungg jawab sosial, tanggung jawab kemanusiaan dan hadir di tengah rakyat ketika bencana terjadi, karena itulah BAGUNA dibentuk,” urainya.

Perlu diketahui, BAGUNA PDI Perjuangan telah menjalankan operasi kemanusiaan dan melakukan bhakti sosial dan bekerja sama dengan Pemerintah seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial.

Di tempat yang sama Kepala BAGUNA terlantik, Hendriek L Sihotang yang akrab disapa Eric, menyampaikan rasa terimakasih atas berjalanya acara pelantikan dengan baik.

“Pertama-tama kami sampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi dan pengurus yang telah memberi amanah dan melantik kami hari ini tepatnya di hari ulang tahun PDI Perjuangan ke 48,” katanya.

Atas nama Baguna DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi yang baru dilantik, dia juga mengucapkan Dirgahayu PDI Perjuangan yang ke 48 tahun dengan tema Indonesia berkepribadian dalam kebudayaan. Eric juga berjanji akan menjalankan seluruh tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala Baguna sesuai harapan Partai.

“Kami pengurus Baguna yang sudah dilantik hingga masa periode 2024 berjanji akan melaksanakan amanah dan tanggung jawab dengan baik, sesuai harapan dan tujuan dibentuknya Baguna,” tutupnya.

Sebelum dilantik, Eric Sihotang sudah melakukan kerja sosial sebagai wujud bentuk kepedulian dan menunjukkan bahwa Baguna hadir disaat masyarakat membutuhkan, baik dalam penanganan bencana puting beliung, terdampak karena banjir begitu juga dengan kondisi negara yang sedang mengalami dampak Covid-19. Baguna telah hadir secara bersama-sama dan bergotong-royong sesuai dengan amanah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. (Red). 

TerPopuler