Kemandirian Warga Dalam Pencegahan Covid-19 Di Kp. Cibuluh


 

Kemandirian Warga Dalam Pencegahan Covid-19 Di Kp. Cibuluh

Sabtu, 23 Januari

Penilaian Kampung Tangguh Jaya, dalam upaya penerapan kemandirian dan pencegahan penerapan Covid-19 serta keberhasilan Desa yang dilakukan Tim penilai

Bojongmangu, Kab Bekasi, SUARATOPAN – Contoh keberhasilan Kepala Desa Bojongmangu, H. Ibut Jari dalam penerapan pencegahan Covid-19 di masa pandemi di Desanya mendapat apresiasi tim penilai Kampung Tangguh Jaya Kabupaten Bekasi. 


Penilaian Kampung Tangguh Jaya itu, dilakukan di Kampung Cibuluh, Desa Bojongmangu Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi.

Menurut ketua tim penilai Kampung Tangguh Jaya, Mayor Inf. Dasim dari Kodim 0509/Kabupaten Bekasi dalam kunjungannya menyampaikan, Kampung Cibuluh dinilai cukup bagus dalam melaksanakan kemandirian penerapan protokol kesehatan Covid-19.

“Kampung Cibuluh bisa menjadi acuan atau contoh bagi Desa atau Kampung yang lainnya di Kabupaten Bekasi dalam pencegahan penularan Covid-19," kata Mayor Inf. Dasim, Kasdim Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, pada Kamis (21/01/2021).

Selain melihat kondisi keamanan di Kp. Cibuluh, ungkap Mayor Inf Dasim, warga masyarakatnya mampu mengatasi kesulitan ekonomi secara mandiri.

"Kegiatan Kampung Tangguh ini, harus tetap berlanjut, konsisten, kalau bisa lebih baik dari hari ini, lebih baik lagi dan terus meningkat," imbaunya.

Sementara, Menurut Kades, Ibut Jari dalam kepemimpinannya, penilaian lomba Kampung Tanggung Jaya tersebut, merupakan dampak dari hasil kerjanya bersama-sama warga, dalam peningkatan kesehatan dan keamanan.

“Tidak hanya untuk saat ini saja, tapi saya harapkan terus ke depannya, masyarakat dapat membiasakan hidup bersih dan sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit, hingga dapat lebih produktif dalam menjalankan aktivitas keseharian,” ungkap Ibut, Jumat (22/1). Yang juga pemenang Juara I Lomba P2WKSS Provinsi Jawa Barat ini.

Adapun indikator penilaian Lomba Kampung Tangguh meliputi pelaksanaan protokol kesehatan, dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dan kondusifitas keamanan di wilayah.

“Untuk keamanan lingkungan, kita siapkan pos-pos ronda. Kemudian kegiatan ekonomi yang sudah berjalan, ada usaha kecil dari pengolahan jamur, peternakan, dan menjahit seperti pembuatan masker yang saat ini terus sedang dikerjakan," tandasnya. (YH). 

TerPopuler