Pemkab Bekasi Targetkan Bangun Dua Proyek Besar Pulihkan Ekonomi Masyarakat


 

Pemkab Bekasi Targetkan Bangun Dua Proyek Besar Pulihkan Ekonomi Masyarakat

Rabu, 30 Desember

Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi mengikuti video conference penandatanganan perjanjian pembiayaan pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) daerah tahun 2021 bersama Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Command Center Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Rabu (30/12/20)

 

Cikarang, Kab Bekasi, SUARATOPAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membangun dua proyek besar di tahun 2021 yang ditargetkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19. 

Proyek tersebut yakni pembangunan jembatan penghubung antara Bojongmangu-Karawang dan pengembangan Kawasan Wisata Pantai Bungin, Desa Pantai Bakti Kecamatan Muaragembong.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi mengatakan anggaran kedua proyek tersebut berasal dari dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Pemprov Jawa Barat tahun 2021, sebesar 60 Milliar Rupiah dengan bunga nol persen.

"Jadi anggaran yang Rp 60 miliar ini kita bagi dua, Rp 30 miliar untuk pembangunan kawasan wisata Pantai Bungin dan Rp. 30 miliar untuk Jembatan Bojongmangu Karawang. Kita hanya mengerjakan saja, DED-nya sudah disiapkan oleh Pemprov Jawa Barat," kata Dedy, usai acara vidcon bersama Gubernur Jawa Barat di Command Center, Gedung Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Rabu (30/12/20).

Dedy menjelaskan pada prinsipnya proyek tersebut diharapkan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

"Dibangunnya jembatan Bojongmangu-Karawang dapat meningkatkan perekonomian warga di kedua daerah, demikian juga pembangunan destinasi wisata Pantai Bungin diharapkan bisa  menggerakkan perekonomian masyarakat. Nanti ada tiket masuk, warga dapat berjualan di lokasi wisata dan juga penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

Dana Rp 60 miliar yang diterima Pemkab Bekasi merupakan bagian dari pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) Pemprov Jawa Barat tahun 2021 sebesar Rp 2,2 triliun dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan dari total pinjaman tersebut, sebesar Rp 800 miliar dipinjamkan ke kota/kabupaten sebagai upaya menggerakkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19. (ST). 

TerPopuler