Kodim 0106/Ateng Lakukan Latihan Karhutla Di Tengah Pandemi Covid-19

Kodim 0106/Ateng Lakukan Latihan Karhutla Di Tengah Pandemi Covid-19

Jumat, 20 November

Anggota Kodim 0106/Ateng saat latihan Karhutla

 

Takengon, Aceh Tengah, SUARATOPAN - Anggota Kodim 0106/Ateng mengadakan latihan selama lima hari. dimaksudkan untuk menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim dengan unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait, Kamis 19/11/2020.

Karena latihan difokuskan ke masalah bencana alam, maka koordinasi ke instansi terkait adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab, Aceh tengah.

Tema Latihan Kodim 0106/Ateng adalah “Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Penanggulangan Terjadinya Kebakaran hutan”.

Kegiatan dibuka oleh Dandim 0106/Ateng Letkol Inf Teddy Sofyan S.Sos diwakili oleh Pabung Kodim 0106/Ateng, Mayor Kav Reduan.S

Pabung Mayor Kav Reduan,S menjelaskan Latihan Kodim 0106/Ateng yang laksanakan merupakan program kerja TA 2020, khususnya dibidang latihan guna menguji kinerja serta kemampuan komandan dan staf dalam menjalankan tugas pokok melalui mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf.

“Selain itu juga untuk menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim dengan unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait dalam wadah BPBD sebagai langkah, mengantisipasi berbagai dinamika permasalahan bencana alam yang berkembang di masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Menurutnya, persoalan-persoalan dalam latihan tidak terlepas dari tugas pokok Kowil. Persoalan dan materi yang disampaikan oleh Wasdal harus dapat dipahami dengan baik, dan dianggap sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi. Kemudian dicari langkah yang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut dengan memberdayakan semua alat peralatan dan fasillas yang dimiliki.

"Saya minta latihan benar-benar dilaksanakan dengan serius, sungguh-sungguh dan bertanggung jawab, disertai harapan semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan setiap jenis bencana yang mungkin terjadi." ungkapnya. (Toni). 

TerPopuler