Dispar Kabupaten Bekasi Gelar Pembinaan Pokdarwis


 

Dispar Kabupaten Bekasi Gelar Pembinaan Pokdarwis

Jumat, 13 November
Drs H. Encep S. Jaya, M,Si. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, saat memberikan pembinaan terhadap Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)


Kab Bekasi, SUARATOPAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bekasi menyelenggaraan kegiatan pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Destinasi Kawung Tilu Bojong Rangkas yang berlokasi di Kampung Ciranggon RT 02 RW 01 Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi - Jawa Barat.


Sektor wahana kepariwisataan Kabupaten Bekasi telah menjadi komoditi yang prospektif, dengan potensi keberadaan alam dan keberaneka ragaman khas budaya yang ada di Kabupaten Bekasi untuk dijadikan khasanah kekayaan tujuan wisata.

Pembinaan yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi tersebut kepada 13 pokdarwis, selama 2 hari dalam upaya untuk terus meningkatkan manajemen, pengelolaan kepariwisataan, destinasi wisata di masing-masing Pokdarwis.

Hal itu, dilaksanakan sesuai anjuran Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja, pihaknya mengajak mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bekasi Khususnya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar menjadi bagian masyarakat atau kelompok yang ramah, serta yang sadar akan potensi kepariwisataan Kabupaten Bekasi.

Dan terlebih, agar andil dalam menciptakan kondisi yang aman, nyaman dan memberikan ruang yang optimal terhadap pelayananan maupun informasi yang terkait tentang kepariwisataan yang ada di Kabupaten Bekasi.



Dalam sambutannya Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Parwisata, H. Mardih Mudrika, S.Sos, M.Si mengatakan, tujuan dalam hal ini, pertama Meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat bersama Pokdarwis dalam pembangunan kepariwisataan, kedua Meningkatkan pemahaman tentang kepariwisataan terhadap kelompok sadar wisata. 


Dan ketiga, Meningkatkan program aksi sapta pesona yang menitikberatkan bahwa Pokdarwis harus jadi motor penggerak pariwisata dalam destinasi Kabupaten Bekasi serta mensukseskan pembangunan-pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui sektor kepariwisataan.

"Untuk mendukung hal tersebut, kegiatan ini kita menghadirkan 3 narasumber yang kompeten di bidangnya yaitu, Bapak Ach. Taufiq Isk (Ketua Forum Kompepar Jawa Barat), Bapak Rahmat Darmawan (Koordinator Program Studi Usaha Jasa Pariwisata Universitas Negeri Jakarta) dan Bapak Gunawan, SH (Pemilik Wisata Kawung Tilu Bojong Rangkas), ujarnya. 

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Drs. H. Encep S. Jaya M.Si, pihaknya ingin ke 13 pokdarwis dapat mewujudkan destinasi kepariwisataan di kabupaten bekasi yang aman, nyaman dan menawan. 

"Kegiatan ini demi terciptanya wahana kepariwisataan Kabupaten Bekasi yang mempesona, dengan karakter dan ciri khas kepariwisataan Kabupaten Bekasi yang dikemas secara menarik, unik dan apik," tuturnya singkat. (Adv). 


TerPopuler