Disarspus Kabupaten Bekasi Launcingkan "GEMMPITA"

Disarspus Kabupaten Bekasi Launcingkan "GEMMPITA"

Kamis, 03 September
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat, H. Ahmad Hadadi dan Plt Kepala Dinas Disarspus Kabupaten Bekasi, H. Dedi Supriadi, saat gunting pita dalam rangka Launcing GEMMPITA, Kamis (3/09/2020)

Cikarang, Bekasi, SUARATOPAN - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarspus) Kabupaten Bekasi melalui Bidang Perpustakaan melauncing GEMMPITA "Gerakan Masyarakat Membaca, Pintar Dan Taqwa", yang dilaksanakan di halaman Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, pada Kamis (3/09/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat, H. Ahmad Hadadi dan Plt Kepala Dinas Disarspus Kabupaten Bekasi, H. Dedi Supriadi yang mewakili Bupati Bekasi H. Eka Supria Atmaja.

Dalam sambutannya, Ahmad Hadadi menyampaikan, bahwa tujuan dari Gubernur Jabar Juara yakni, membangun SDM juara termasuk salah satunya ini yang dilakukan Kabupaten Bekasi harus juara dengan menggiatkan literasi. Sehingga dengan launcing Gemmpita, diharapkan kedepannya dengan mental juara, semangat juara, maka akan maju dan sejahtera.

"Berbekal mental juara, semangat juara, maka Insya Allah kita akan maju dan sejahtera," katanya.

"Kita harus optimis kedepan, dengan kita banyak membaca, berkunjung ke perpustakaan dan kami punya program unggulan bagaimana mendekatkan diri dengan perpustakaan dalam kehidupan, yaitu dengan gerakan membaca ini maka kita akan maju dan menjadi manusia unggulan," tuturnya. 
Salam Literasi yang dilakukan H. Ahmad Hadadi dan H. Dedi Supriadi beserta Bidang Perpustakaan Disarspus Kabupaten Bekasi, usai launcing dan membuka kotak/lemari GEMMPITA

Kemudian, lebih lanjut dikatakannya, dengan wadah/media gemmpita merupakan giat literasi di Kabupaten Bekasi. Diharapkan kalau Kabupaten Bekasi punya gemmpita, dan Jawa Barat punya Kotak Literasi Cerdas (Kolecer), sehingga diharapkan dengan media ini ada di setiap tempat umum, seperti kotak/lemari buku (perpustakaan) yang dapat menjadi sarana literasi masyarakat.

"Kami punya target disetiap Kecamatan ada Kolecer, sedangkan untuk Gemmpita diharapkan ada di kantor-kantor Desa, RW, RT dan bahkan di perusahaan-perusahaan, sehingga diharapkan CSR untuk gemmpita," imbaunya.

Dalam kesempatan yang sama juga, disampaikan, Plt Kadis Disarspus, Dedi Supriadi yang mewakili sambutan Bupati Bekasi menyampaikan, bahwa gemmpita merupakan program dalam menyelaraskan program-program Pusat dan Provinsi Jabar yang ditindak lanjuti melalui program gemmpita di Kabupaten Bekasi, sebagai upaya pembudayaan pemda dalam kegemaran membaca masyarakat dimasa pandemi covid-19.

Hal itu, dimaksudkan Pemkab sebagai replikasi serta perpanjangan tangan dari pada kolecer yang menjadi program unggulan Gubernur jabar, sehingga dalam program tersebut dapat mendukungnya dan untuk menumbuhkan minat baca masyarakat menuju Indonesia maju.

"Ini merupakan program unggulan Bpk Gubernur Jabar, jadi kita harus mendukung dalam mewujudkan Provinsi Jawa Barat Juara lahir dan bathin, diharapkan dapat diwujudkan dan diimplementasikan di Kabupaten Bekasi," jelasnya.

Selain itu, sebagai upaya tersebut, dengan launcing gemmpita sebagai gerakan bersama diharapkan untuk lebih memasyarakatkan minat membaca di Kabupaten Bekasi, sehingga diharapkan didalamnya terdapat sinergitas dan partisipasi dari berbagai lembaga, komunitas penggiat literasi, unsur pemerintah, masyarakat dan dunia usaha melalui CSR nya.

"Hal ini tentunya ditujukan untuk menghadirkan kembali minat baca dan tulis ditengah masyarakat, sehingga kendala yang dihadapi tentang keterbatasan bahan pustaka dapat segera diatasi," ujarnya.

Oleh karena itu, sebagai perwujudan dari komitmen tersebut, agar jajaran pemkab Bekasi dan semua pihak yang terlibat agar berupaya mewujudkan masyarakat yang memiliki budaya gemar membaca.

Adapun beberapa hal yang penting dari launcing tersebut yakni :

1. Jadikan kegiatan launcing ini, sebagai bahan untuk mengembangkan potensi masyarakat, komunitas penggiat literasi dan penggiat budaya baca secara berkelanjutan.

2. Pemkab Bekasi berkomitmen untuk terus membuat program-program kegiatan dalam membudayakan kegemaran membaca masyarakat khususnya di Kabupaten Bekasi.

3. Pemkab Bekasi mengharapkan para dunia usaha turut berkomitmen bersama-sama memfasilitasi kegiatan dalam rangka membudayakan kegemaran membaca di Kabupaten Bekasi sebagai bagian dari tanggungjawab sosial perusahaan.

Diketahui bahwa, dalam kegiatan tersebut, telah menerapkan prosedur standar protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. (Adv).


TerPopuler