Bupati Taput Semangati Peternak Ikan, Berikan 5.000 Benih Ikan Di Desa Pohan Tonga


 

Bupati Taput Semangati Peternak Ikan, Berikan 5.000 Benih Ikan Di Desa Pohan Tonga

Kamis, 18 Juni
Bupati Taput Nikson Nababan, M.Si, yang didampingi Kadis Perikanan Longgos Pandiangan, saat menyerahkan secara simbolis benih ikan dan pakan kepada masyarakat di Desa Pohan Tonga, Siborong borong, Tapanuli Utara. Rabu (17/6/2020)

Taput - Sumatera, SUARATOPAN.COM - Bupati Tapanuli Utara (Taput) semangati peternak ikan di Desa pohan tonga Kecamatan Siborong borong dengan memberikan benih ikan 5 000 dan pakan ternak ikan 2 sak.

Bupati Nikson Nababan ini, bersama longgos Pandiangan Kadis Perikanan kunjungi Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborong borong, Rabu (17/06/20).

Kunjungan ini, sekaligus penaburan benih sebanyak 5.000 benih ikan mas dan nila pada 9 petak kolam milik masyarakat Torang Tampubolon di Desa Pohan Tonga Kecamatan Siborongborong.

Bupati menyatakan, saat ini pihaknya sedang menciptakan dan mewujudkan tatanan Kehidupan menuju Normal Baru (New Normal) agar tetap produktif dan aman Covid-19, Bupati Galakkan Sektor Pertanian dan Perikanan guna Ketahanan Pangan Masyarakat Taput.

"Ini merupakan bagian dari program kita (Pemerintah) dalam perbaikan perekonomian masyarakat Tapanuli Utara akibat dampak pandemi Covid-19. Untuk mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan telah kita melakukan berbagai program, salah satunya pencetakan kolam dan pemberian bantuan benih ikan ini. Dengan upaya ini, kita optimis Tapanuli Utara bisa memenuhi kebutuhan ikan sampai ke luar daerah," ujar Bupati mengawali.

Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa program ini merupakan upaya untuk ketahanan pangan masyarakat Tapanuli Utara di tengah menghadapi pandemi Covid-19. "Bagi siapa saja masyarakat Tapanuli Utara yang ingin mencetak kolam akan kita fasilitasi dan juga benih ikannya. Silahkan membuat permohonan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan untuk segera ditindaklanjuti," ungkap Bupati.

"Saya ingin memperbaiki perekonomian masyarakat dengan cepat dan tepat sasaran. Di ladang, di kolam dan di lahan pertanian masyarakat akan lebih aman dari penyebaran Covid-19. Ini adalah bagian dari wujud tatanan masyarakat menuju normal baru yang produktif dan aman Covid-19. Sehingga masyarakat aman tetapi tetap produktif. Sektor pertanian kita galakkan dan protokol kesehatan di keramaian dan pelayanan fasilitas umum kita perketat. Perekonomian masyarakat kembali menghasilkan tetapi tetap aman," tandas Bupati

Diketahui, usai menabur benih ikan pada 9 petak kolam ikan di lahan 1 hektar tersebut, Bupati juga memberikan bantuan pakan ikan berupa pellet sebanyak 2 (dua) karung.

Sementara, Pemilik kolam Torang Tampubolon menyampaikan rasa terimakasih yang terdalam atas kehadiran Bupati di tengah-tengah masyarakat. "Bupati kita ini sangat tanggap dengan kesulitan dan kebutuhan masyarakat, selalu hadir disaat kita perlukan. Terimakasih pak Bupati, semoga ikan yang ditabur ini berkembang dengan pesat seperti kasih yang bapak taburkan kepada masyarakat," ucap Torang singkat. (Toni/Yose. S).

TerPopuler