Uji Rentikon dan RO, Korem 051/Wkt Gelar Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam TA 2019

Uji Rentikon dan RO, Korem 051/Wkt Gelar Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam TA 2019

Senin, 18 November
Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam TA. 2019 resmi dibuka oleh Kasrem Letkol Inf Wawan Kusnendar di Makorem 051/Wijayakarta. Senin (18/11/2019). 
Korem Timur, Cikarang, SUARATOPAN.COM - Pembukaan Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam yang digelar Korem 051/Wijayakarta TA. 2019, resmi dibuka oleh Kasrem Letkol Inf Wawan Kusnendar di Aula Wijayakarta Makorem Cikarang. Senin (18/11).

"Bencana alam merupakan suatu peristiwa luar biasa, yang dapat berpotensi menimbulkan kerugian bagi kita semua. Baik harta, benda maupun jiwa. Oleh karena itu, dalam penanganan bencana alam ini, diperlukan langkah-langkah yang cepat, tepat dan terintregrasi sehingga bencana alam tersebut dapat tertangani dengan optimal, baik pada saat terjadinya bencana maupun paska terjadinya bencana alam," kata Kasrem, dalam sambutannya yang mewakili Danrem Kolonel Inf. Susilo.

Kemudian kembali di jelaskannya, bahwa
latihan terpadu penanggulangan bencana alam dilaksanakan agar mendapatkan gambaran tentang kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan jajaran Korem 051/Wkt dalam penanggulangan bencana alam.

"Kita menguji validitas Rencana Tindakan Kontijensi (Rentikon) dan Rencana Operasi (RO) satuan dalam rangka perbantuan TNI kepada Pemda. Untuk mensinkronkan langkah dan tindakan antara Korem 051/Wkt dengan instansi yang terkait, sehingga terdapat kesamaan visi, persepsi dan interprestasi tentang prosedur dan tindakan teknis dalam penanganan bencana alam di wilayah," jelasnya

Pihaknya pun berharap, dalam kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik. Dan kembali berpesan, kepada seluruh peserta latihan bisa terampil, siap melaksanakan tugas apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. (ST). 



TerPopuler